Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Canva Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al Mujahidin Samarinda Tahun Pembelajaran 2022/2023
Abstract
ABSTRAK
Adi Ardiansyah, 2023 “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Canva Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al Mujahidin Samarinda Tahun Pembelajaran 2022/2023”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Zamroni, M.Pd sebagai pembimbing I dan Dr. Khusnul Khatimah, M.Si sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah Pendidikan merupakan hal yang begitu penting. melalui pendidikan akan tercipta generasi muda yang lebih kreatif dan propesional serta menjadi hamba yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa. pendidikan memiliki peran penting sebagai wujud nyata majunya suatu negera, karena hal itu juga, guru dituntut untuk agar lebih kreatif didalam proses pembelajarannya agar tercipta suasan yang menyenangkan sekaligus efektif selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa yakni dengan guru menggunakan media pembelajaran sebagai alat pendukung dalam proses pembelajaran tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektifitas penggunaan pembelajaran berbasis canva terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII pada pelajaran akidah akhlak di MTs Al Mujahidin Samarinda.
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian ini adalah di MTs Al Mujahidin Samarinda. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas VIII MTs Al Mujahidin Samarinda pada pembelajaran akidah akhlak berbasis canva. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis, dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan pembelajaran canva dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Akidah Akhlak, tergolong efektif ditunjukkan dengan hasil perbandingan nilai rata-rata gine score pada kelas eksperimen dan control yaitu 0,28 (kelas kontrol) dan 2,64 (kelas eksperimen). Dengan guru menerapkan ke dalam pembelajarannya yaitu membuat suasana pembelajaran menyenangkan dan lebih menarik serta dilengkapi dengan adanya tampilan visual sebagai komponen pendukung pembelajaran sesuai materi yang diberikan kepada siswa. Selain itu juga guru berinovasi dalam proses pembelajaran agar menjadi lebih efektif sehingga pembelajaran lebih menyenangkan dan guru harus memberikan motivasi sebaik mungkin kepada siswa agar lebih semangat dalam belajar.