Pola Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Spiritual Siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Muna Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Rio Hadi Saputra, 2023, “Pola Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Spiritual Siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Muna Samarinda”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Muhammad Iwan Abdi, M.SI selaku pembimbing I dan Ibu Rega Armella, M.Pd selaku pembimbing II.
Pola pembelajaran dalam penelitian ini adalah gambaran dari pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang telah dipersiapkan oleh guru dalam pembelajaran, dengan melibatkan aturan dalam proses pembelajaran mulai dari awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran. Sedangkan spiritual dalam penelitian ini adalah nilai-nilai kesadaran diri yang diperoleh dari peserta didik yang melingkupi nilai-nilai spiritual seperti nilai religius, nilai estetika, nilai moral, dan nilai kebenaran.
Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Al-Muna Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam beserta data dokumen yang mendukung lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi data dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola pembelajaran PAI di Madrasah Tsanawiyah Al-Muna Samarinda dengan : 1.) Pola pembelajaran yang diterapkan oleh guru PAI adalah pola pembelajaran tradisional guru dengan alat bantu dan polapembelajaran berbasis media. Pola pembelajarn tradisional guru dengan alat bantu ini diterapkan pada saat pelajaran Al-Qur’an Hadits dan Akidah Akhlak yaitu dimana penyampaian dari guru dalam pengajarannya menyampaikan materi dibantu oleh media/alat seperti papan tulis dan spidol. Sedangkan dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan Fikih menggunakan pola pembelajaran berbasis media, media yang digunakan yaitu LCD dan proyektor dalam pembelajaran, tetapi ada disaat tertentu hanya menggunakan pola pembelajaran tradisional guru dengan alat bantu. 2.) Beberapa peningkatan spiritual yang terjadi dalam pola pembelajaran PAI di Madrasah Tsanawiyah Al-Muna adalah : a. Tujuan pembelajaran : hasil peningkatan dalam nilai religius dan kebenaran, b. Materi pembelajaran : hasil peningkatan dalam nilai religius, estetika, moral, dan kebenaran, c. Metode pembelajaran : hasil peningkatan dalam nilai religius dan kebenaran, d. Kegiatan pembelajaran : hasil peningkatan dalam nilai religius dan kebenaran, e. Evaluasi pembelajaran : hasil peningkatan dalam nilai moral dan kebenaran.