Show simple item record

dc.contributor.authorKuat, Kuat
dc.date.accessioned2023-10-17T23:53:46Z
dc.date.available2023-10-17T23:53:46Z
dc.date.issued2023-06
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3494
dc.description.abstractKuat, 2023. “Strategi Pengelolaan Dana Zakat, Infa>q, dan S{adaqah Pada Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Balikpapan.” Tesis. Program Studi Ekonomi Syariah, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Abdul Majid, MA sebagai pembimbing I dan Dr. Hj. Ida Suryani Wijaya, M.Si. sebagai pembimbing II. Besarnya potensi zakat, infaq, dan s}adaqah di Balikpapan merupakan peluang besar bagi Lembaga Amil Zakat (LAZ) dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Balikpapan. Oleh sebab itu, strategi-strategi LAZ dalam mengelola dana zakat, infaq, dan s}adaqah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sangat perlu diseriusi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pengelolaan zakat, infaq, dan s}adaqah Baitul Maal Hidayatullah (BMH) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Balikpapan dengan tujuan agar strategi pengelolaan tersebut dapat diketahui. Penelitian ini dilakukan pada Baitul Maal Hidayatullah (BMH) yang berada di Balikpapan. Informan penelitian ini tim manajemen Baitul Maal Hidayatullah Balikpapan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan metode di atas dapat ditemukan bahwa strategi pengelolaan zakat, infaq, dan s}adaqah pada Baitul Maal Hidayatullah (BMH) dalam meningkatkan kesejahteran masyarakat Balikpapan dilakukan dengan strategi yang terarah, termasuk strategi perencanaan yang melibatkan penyusunan program kerja yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pengidentifikasian dengan pemetaan masyarakat, sosialisasi, kemitraan, riset, dan pendataan. Pendistribusian disalurkan dengan melakukan pemetaan kebutuhan, seleksi penerima (mustah}iq), pendekatan holistik dan diversifikasi program, kolaborasi, dan akuntanbilitas transparansi. Pengawasan dilakukan dengan beberapa cara yaitu: pengawasan oleh kepala setiap divisi; pengawasan oleh masyarakat melalui medsos, call center, dan front office; pengawasan oleh eksternal melalui audit oleh lembaga ISO dan DPS, Kemenag dan BAZNAS Balikpapan; pengawasan kepada penerima manfaat melalui kunjungan berkala setiap bulan. Sementara itu, beberapa evaluasi dilakukan yaitu: evaluasi pendataan jumlah dana terkumpul, penerima manfaat, dan jenis program yang didanai; evaluasi dampak program; evaluasi sosialisasi dan penghimpunan dana, pendistribusian, dan dampak pencapaian program; dan evaluasi kinerja manajemen setiap divisi. Aspek pendukung strategi pengelolaan dana zakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat terdiri dari; kepatuhan dan kepedulian muzakki>, transparansi, kualitas dan profesionalisme lembaga zakat, kolaborasi dan sinergi, mempunyai infrastruktur yang cukup memadai, serta mustah}iq yang disiplin dan bertanggung jawab. Sedangkan aspek penghambat strategi pengelolaan dana zakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat terdiri dari; kurangnya inovasi, ketidakseimbangan antara prioritas dan keterbatasan sumber daya.en_US
dc.publisherEkonomi Syariah Program Pascasarjana UINSI Samarindaen_US
dc.subjectEKONOMI ISLAMen_US
dc.titleStrategi Pengelolaan Dana Zakat, Infaq, dan Sadaqah Pada Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Balikpapanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nim1920500015


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record