dc.description.abstract | ABSTRAK
Safri, 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) di Kota Samarinda”. Tesis. di bawah bimbingan Dosen Pembimbing I, Dr. Muhammad Nasir, M. Ag, dan Dosen Pembimbing II, Dr. H. Moh. Mahrus, S. Ag. M. HI.
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya ketersediaan bahan ajar Pendidikan Agama Islam yang disediakan oleh pihak sekolah khususnya buku teks yang bermuatan K-13. Kurangnya perhatian sebagian guru dalam aktivitas pengembangan bahan ajar. Masih adanya kebiasaan sebagian guru ketika mengajar dengan menggunakan metode tradisional sehingga guru terkesan lebih aktif sedangkan siswa sebatas pendengar, dengan mengandalkan metode ceramah di depan kelas. Akibatnya siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk dapat mengetahui bahan ajar yang digunakan dan dikembangkan oleh guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) di Samarinda.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam yang mengajar pada tiga Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Samarinda. Adapun sekolah yang dimaksud, SMK Negeri 1 Samarinda, SMK Negeri 2 Samarinda dan SMK Negeri 3 Samarinda. Pola sampelnya yaitu menggunakan sampling purposive dan pola analisisnya dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data mengacu pada pendapat Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa bahan ajar yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kota Samarinda adalah bahan ajar cetak meliputi buku teks, modul pembelajaran, Lembar Kerja Siswa (LKS). Bahan ajar audio visual meliputi Slide/LCD, video/film, animasi bergerak. Bahan ajar visual meliputi gambar-gambar atau foto. Bahan ajar yang dikembangkan oleh guru Pendidikan Agama Islam pada dasarnya bervariasi, tergantung kemampuan profesionalisme yang dimiliki masing-masing guru Pendidikan Agama Islam. Secara umum dapat diketahui bahwa bahan ajar yang dikembangkan guru Penddidikan Agama Islam adalah : modul pembelajaran, Lembar Kerja Siswa (LKS) dan slide. Dalam pengembangan bahan ajar, dipengaruhi oleh dua faktor, pertama faktor pendukung, meliputi semangat yang tinggi dari tenaga pendidik, tersedianya fasilitas yang cukup. Kedua faktor penghambat, meliputi kurangnya dukungan dana, waktunya yang terbatas, guru yang tidak mengembangkan, kurangnya perhatian dan bimbingan dari pihak yang berwenang dalam pengembangan bahan ajar. | en_US |