Show simple item record

dc.contributor.authorFirdaus, Muhammad
dc.date.accessioned2023-10-18T02:32:32Z
dc.date.available2023-10-18T02:32:32Z
dc.date.issued2023-05-12
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3501
dc.description.abstractABSTRAK Muhammad Firdaus, 2023. “Pengaruh Pemisahan Kelas Laki-laki dan Perempuan Terhadap Sikap Belajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Samarinda”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. M. Said Husin, MA sebagai pembimbing I dan Ibu Yunita Noor Azizah M.Pd.I sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perbedaan sikap belajar yang ditampilkan antara peserta didik laki-laki dan perempuan di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Samarinda karena dipisahkannya kelas antar laki-laki dan perempuan ketika proses pembelajaran di dalam kelas berlangsung ataupun ketika diluar proses pembelajaran, contohnya seperti bergaul dengan teman. Dimana ketika proses pembelajaran, peserta didik laki-laki cenderung lebih aktif ketika mengikuti proses pembelajaran, baik ketika menjawab pertanyaan dari guru, mengerjakan tugas ataupun ketika bergaul dan juga berteman dengan teman sekelas maupun teman sesama laki-laki. Sedangkan peserta didik perempuan cenderung lebih pasif ketika mengikuti proses pembelajaran, enggan untuk bertanya dan malu untuk menjawab ketika guru memberikan pertanyaan, ataupun juga ketika di luar proses pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemisahan kelas laki-laki dan perempuan terhadap sikap belajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda (MTsN) Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh peserta didik kelas VII dan VIII yang jumlahnya 668 orang dan sampel yaitu sebanyak 87 orang yang didapatkan dengan menggunakan teknik random sampling, yaitu penentuan sampel secara acak. Teknik penghimpunan data pada studi ini yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Guna membuktikan keabsahan data serta asumsi klasik, peneliti menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linerialitas. Teknik analisis data yang dipergunakan ialah dengan menggunakan uji korelasi product moment. Sebagaimana hasil analisis data yang dipergunakan, peneliti memperoleh hasil uji korelasi product moment dengan nilai signifikansi dari pemisahan kelas laki-laki dan perempuan yakni 0,000 < 0,05 (α) dan nilai signifikansi dari sikap belajar yaitu 0,000 < 0,05 (α). Kemudian nilai dari pearson correlation yang didapatkan adalah sebesar 0,416 atau jika melihat kepada tabel derajat koefisien korelasi terdapat pengaruh yang cukup kuat dan nilai R Square pada koefisien determinasi adalah 0,173 atau jika di persentasekan adalah sebesar 17,3%. Dengan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemisahan kelas laki-laki dan perempuan terhadap sikap belajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Samarinda dengan pengaruh yang cukup kuat dan positif dengan persentase pengaruh yaitu 17,3% dan selebihnya 82,7% dipengaruhi oleh faktor lain.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPemisahan Kelas Laki-laki dan Perempuan, Sikap Belajaren_US
dc.titlePengaruh Pemisahan Kelas Laki-laki dan Perempuan Terhadap Sikap Belajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record