Manajemen Pengembangan bakat dan Minat pada Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di MTs Negeri Model Samarinda.
Abstract
Emah Nurani, 192020025. Manajemen Pengembangan bakat dan Minat pada Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di MTs Negeri Model Samarinda. Tesis Kegiatan Pascasarjana Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Kegiatan Studi Manajemen Pendidikan Islam. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Iskandar M.Ag. dan Dr. Hj. Ity Rukiyah, M.Si.
Menghadapi perkembangan zaman yang terus menuntut seseorang untuk memiliki kemampuan baik pada bidang kademik maupun non akademik maka dunia pendidikan diharapkan menjadi wadah bagi peserta didik agar dapat mengembangakan potensi yang dimiliki. Oleh sebab itu perlu adanya kegiatan ekstrakurikuler sebagai wadah bagi peserta didik untuk dapat mengeksplor bakat dan minat mereka. Maka penelitian ini bertujuan untuk menggali secara mendalam manajemen peserta didik dalam pengembangan bakat dan minat melalui kegiatan ekstrakurikuler di MTs Negeri Model Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penyajian data dibagi berdasarkan unsur-unsur manajeman dalam mengembangkan bakat dan minat peserta didik melalui ekstrakurikuler. Teknik analisis data menggunakan metode interaktif yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber, teknik, dan teori.
Hasil penelitian di MTs Negeri Model Samarinda ialah 1). Tahap perencanaan dimulai dengan rapat awal tahun yang melibatkan kepala madrasah, wakil kepala madrasah, bidang kesiswaan, dan guru-guru untuk menentukan jenis kegiatan, jadwal, dan pembimbing. 2) Pengorganisasian dilakukan terstruktur dan terencana dengan Surat Keputusan yang mencakup jenis kegiatan, pembina, dan jadwal pelaksanaan.3) Pelaksanaan dimulai dengan identifikasi kebutuhan siswa melalui survei dan kuesioner. Selanjutnya, siswa dibentuk dalam kelompok sesuai minat dan bakat mereka dan memiliki pembina. Kegiatan dilakukan di luar jam sekolah dengan jadwal yang telah dibuat. Koordinator pengembangan bakat dan minat bertanggung jawab secara teknis terhadap seluruh kegiatan, termasuk perekrutan siswa, instruksi, pembinaan, dan koordinasi dengan pelatih ekstrakurikuler dan non ekstrakurikuler. Mereka juga bekerja sama dengan pihak luar sekolah sesuai kebutuhan. Prestasi dalam kegiatan ekstrakurikuler menunjukkan komitmen sekolah dalam memberikan pengalaman berharga bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan nilai-nilai positif dalam berbagai bidang. 3). Koordinator mengelola seluruh kegiatan ekstrakurikuler, mulai dari perekrutan hingga koordinasi dengan pihak luar sekolah. Evaluasi dilakukan melalui rapat akhir tahun dan penilaian pada raport siswa.