Show simple item record

dc.contributor.authorRamdani, Muhammad
dc.date.accessioned2023-10-19T01:44:17Z
dc.date.available2023-10-19T01:44:17Z
dc.date.issued2023-06
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3510
dc.description.abstractMuhammad Ramdani, 2023 “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Pelaksanaan Program Sekolah Penggerak di SD Islam Se-Kecamatan Samarinda Seberang”. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag, sebagai pembimbing I dan Dr. Zamroni, M.Pd, sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari keputusan Kemendikbud Ristek Nomor 162/M/2021 terkait program sekolah penggerak. Saat pandemi, pemerintah merancang program pendidikan untuk menyesuaikan kondisi dan perkembangan zaman. Mutu pendidikan sangat penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan menjadi ujung tombak untuk memajukan Negara khususnya Indonesia. Dalam hal ini, untuk meningkatkan mutu pendidikan maka diadakanlah program sekolah penggerak yang dimana sekolah ini merupakan sekolah terpilih khususnya di Kecamatan Samarinda Seberang yaitu SD Muhammadiyah 3 dan SD Islam Ar Rajwaa. Kepala sekolah dan guru merupakan ujung tombak dalam pelaksanaanya. Oleh karena itu, kepemimpinan kepala sekolah yang baik dan motivasi kerja guru yang tinggi sangat dibutuhkan dalam melaksanakan program sekolah penggerak ini agar bisa terlaksana dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap pelaksanaan program sekolah penggerak di SD Islam Se-Kecamatan Samarinda Seberang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket (kuisoner) dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah regresi linear sederhana dan berganda, uji t dan uji f. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru di SD Islam Ar-Rajwaa dan SD Muhammadiyah 3 Samarinda yang berjumlah 49 orang. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah seluruh populasi yang berjumlah 49 orang dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 11.189 > 1.677 yang artinya Ha diterima yang menyatakan bahwa variabel X1 (kepemimpinan kepala sekolah) berpengaruh terhadap variabel Y (pelaksanaan program sekolah penggerak). Nilai rx1y yaitu 0,727 termasuk dalam interpretasi pada skala 0,700-0,900 artinya terdapat pengaruh yang “kuat”. Nilai thitung > ttabel yaitu 6.473 > 1.677 yang artinya Ha diterima yang menyatakan bahwa variabel X2 (motivasi kerja guru) berpengaruh terhadap variabel Y (pelaksanaan program sekolah penggerak). Nilai rx2y yaitu 0,471 termasuk dalam interpretasi pada skala 0,400-0,700 artinya terdapat pengaruh yang “cukup”. Nilai Fhitung > Ftabel yaitu 67,291 > 3,19 yang artinya Ha diterima yang menyatakan bahwa variabel X1 (kepemimpinan kepala sekolah) dan X2 (motivasi kerja guru) berpengaruh terhadap variabel Y (pelaksanaan program sekolah penggerak). Nilai rx1x2y yaitu 0,745 termasuk dalam interpretasi pada skala 0,700-0,900 artinya terdapat pengaruh yang “kuat”.en_US
dc.publisherMPI Pascasarjana UINSI Samarindaen_US
dc.subjectKEPEMIMPINAN DALAM SEKOLAHen_US
dc.titlePengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Pelaksanaan Program Sekolah Penggerak di SD Islam Se-Kecamatan Samarinda Seberangen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nim2120200010


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record