Implementasi Metode Iqro' Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Pada Anak Tunagrahita Di TPQ Al-Khairat Desa Jembayan Kutai Kartanegara (KUKAR)
Abstract
ABSTRAK
Vivi Rahmawati, 2023. "Implementasi Metode Iqro' Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Pada Anak Tunagrahita Di TPQ Al-Khairat Desa Jembayan Kutai Kartanegara (KUKAR)". Skripsi, Prodi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh Ibu Dr. Lina Revilla Malik, M.Si selaku Pembimbing l dan Ibu Indriana Rahmawati selaku pembimbing ll.
Penelitian ini di latar belakangi oleh pembelajaran Al-Qur'an dengan menggunakan metode Iqro'. Metode penelitian Iqro' di TPQ Al-Khairat sudah menjadi metode pilihan sejak awal berdirinya TPQ tersebut dengan beberapa pertimbangan, metode iqro' merupakan metode yang cukup tepat untuk di ajarkan kepada anak-anak terkhusus Tunagrahita. Dimana metode iqro' untuk anak tunagrahita lebih di arahkan dalam membaca dan menghafalkan bacaan yang di baca dengan bantuan ustadz dan ustadzah agar memudahkan mereka dalam menerima pembelajaran serta tidak memberatkan mereka dalam mengikuti pembelajaran Al-Qur'an tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses implementasi metode iqro' dalam pembelajaran Al-Qur'an pada anak Tunagrahita Di TPQ Al-Khairat Desa Jembayan Kutai Kartanegara (KUKAR), dan untuk mengetahui implikasi atau hasil dari penerapan metode iqro' dalam pembelajaran Al-Qur'an pada anak Tunagrahita Di TPQ Al-Khairat Desa Jembayan Kutai Kartanegara (KUKAR).
Metode yang di pakai dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data di peroleh dan dianalisa dari ketua TPQ dan ustadz/ustadzah. Subjek penelitian adalah anak tunagrahita di TPQ Al-Khairat Desa Jembayan Kutai Kartanegara (KUKAR). Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik Triangulasi untuk menentukan keabsahan data, Selanjutnya data di analisis dengan tahap kondensasi data, penyajian data ( Data Display) dan penarikan kesimpulan ( Verifying conclusion). Implementasi Metode Iqro’ Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Pada Anak Tunagrahita Di TPQ Al-Khairat Desa Jembayan Kutai kartanegara (KUKAR) menggambarkan bahwa : 1). Proses pembelajaran Al-Qur'an dengan menggunakan metode iqro' anak tunagrahita ustadz dan ustadzah memberikan contoh cara membaca yang benar kepada setiap anak, kemudian ustadz dan ustdzah hanya menyimak dan membenarkan bacaan yang keliru saja. Ustadz dan ustadzah tidak menggunakan media khusus dalam proses pembelajaran, ustadz dan ustdzah tidak menyediakan batasan bacaan. 2). Hasil atau evaluasi pembelajaran Al-Qur'an dengan menggunakan metode iqro' meliputi membaca iqro' sesuai dengan jilid masing-masing untuk anak tunagrahita terdapat 3 orang yang masih dijilid 1 dan satu orang yang sudah dijilid 2.