Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah Wal Irsyad (MTs DDI) Tani Aman Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Evi Alfiani, 2023 ‘’Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah Wal Irsyad (MTs DDI) Tani Aman Samarinda’’. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. Khairul Saleh, M. Ag dan Ibu Dr. Hj. Titi Kadi, M.Pd.I.
Pada penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan keagamaan yang rutin dilakukan di madrasah yang memiliki tujuan sebagai penanaman karakter pada siswa melalui pembiasaan tentang pendidikan Islam yang diharapkan dapat membantu kedisiplinan belajar siswa namun demikian masih ada saja siswa yang melanggar aturan yaitu, terlambat masuk kelas, tidak menyelesaikan PR, membolos dari kelas, tidak menyimak penjelasan guru, melanggar aturan sekolah. Dengan kegiatan keagamaan diharapkan dapat memperbaiki kedisiplinan belajar para siswa. Setelah melihat intensitas pelaksanaan kegiatan keagamaan di madrasah tersebut terlihat perubahan tingkat kedisiplinan belajar siswa. Seperti dapat terlihat dari siswa yang datang lebih tepat waktu masuk kedalam kelas, mampu memberikan ceramah dan siswa mulai patuh dan taat kepada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi seberapa besar pengaruh kegiatan keagamaan terhadap kedisiplinan belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah Wal Irsyad (Mts DDI) Tani Aman Samarinda.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari siswa-siswi sebanyak 190, sedangkan sampel penelitian dipilih dengan menggunakan jenis teknik Sampling Purposive , yaitu ada 61 siswa terdiri dari 29 siswa kelas VII dan 32 siswa kelas VIII. Data dikumpulkan menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, kuesioner,dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi product moment, koefisien determinasi, uji regresi linear sederhana, dan uji T guna mengevaluasi adanya pengaruh atau tidak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan keagamaan terdapat pengaruh pada kedisiplinan belajar siswa. Berdasarkan tabel interpretasi r terletak diantara 0,200-0,399, sehingga tingkat korelasinya termasuk kategori lemah. Jadi kegiatan keagamaan cukup berpengaruh pada kedisiplinan belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah Wal Irsyad (MTs DDI) Tani Aman Samarinda. Berdasarkan uji t, menunjukkan hasil nilai thitung lebih besar dari ttabel atau 2,085 > 1,671. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada kegiatan keagamaan terhadap kedisiplinan belajar siswa. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kegiatan keagamaan terhadap kedisiplinan belajar siswa adalah sebesar 6,9% sedangkan sisanya 93,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti dan hasilnya hipotesis Ha diterima.