Pengaruh Literasi Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 3 Penajam Paser Utara
Abstract
ABSTRAK
Ratih Dewi Pratiwi, 2023. “Pengaruh Literasi Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 3 Penajam Paser Utara”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Fathul Janah, M.SI sebagai pembimbing I dan Ibu Hajriana, M.Pd sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya prestasi belajar PAI siswa yang masih di bawah rata-rata Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Guru PAI SMP Negeri 3 PPU mengadakan kegiatan literasi Al-Qur’an sebelum pembelajaran PAI dimulai yang diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar PAI siswa. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh literasi Al-Qur’an terhadap prestasi belajar PAI siswa SMP Negeri 3 PPU.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Tempat penelitian dilakukan yaitu SMP Negeri 3 Penajam Paser Utara. Populasinya adalah seluruh siswa SMPN 3 PPU yang berjumlah 457 siswa. Sampel berjumlah 61 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan uji determinasi dihasilkan nilai R square sebesar 0,036 yang berarti variabel independen (literasi Al-Qur’an) memiliki pengaruh terhadap variabel dependen (prestasi belajar PAI siswa) hanya sebesar 3,6%. Sedangkan 96,4% dipengaruhi variabel lainnya dan interpretasi (r) membuktikan pengaruh literasi Al-Qur’an terhadap prestasi belajar PAI siswa berada dalam kategori tidak berpengaruh dengan interval 0,00 – 0,25. Dari uji ANOVA dengan Fhitung sebesar 2,212 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,142, kemudian dibandingkan dengan probabilitas sehingga menjadi 0,142 > 0,05, kesimpulannya tidak ada pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Hasil uji t menunjukkan bahwa thitung < ttabel (1,487 < 1,671), maka H0 diterima dan Hn ditolak, yang berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari literasi Al-Qur’an terhadap prestasi belajar PAI siswa
Hasil penelitian tidak berpengaruh dapat disebabkan oleh pelaksanaan literasi Al-Qur’an hanya sekali dalam seminggu yaitu pada pembelajaran PAI saja. Selain itu, dapat pula disebabkan karena pelaksanaan literasi Al-Qur’an hanya membaca Al-Qur’an yang merupakan satu dari tiga indikator pelaksanaan literasi Al-Qur’an. Prestasi belajar PAI siswa SMPN 3 PPU tidak dipengaruhi oleh literasi Al-Qur’an tetapi masih banyak faktor lain seperti kondisi, metode, hasil pembelajaran, bakat, minat siswa, sarana prasarana yang memadai, profesionalitas guru dan masih banyak lagi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar PAI siswa.