dc.description.abstract | ABSTRAK
Fauziatul Ifa, 2019. “Nilai – nilai Pendidikan Agama Islam Bermuatan Muktikultural dalam Kurikulum 2013 Pada Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam SMK Kelas X (Studi Bahan Ajar Penerbit Erlangga tahun 2017)”. Tesis. Pembimbing: (1) Dr.H.Akhmad Bukhari, M.Ag dan Pembimbing (2) Dr. H. Puriyadi, M.Si
Multikultural hal yang tak dapat dipisahkan dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang heterogen. Keberagaman agama, suku, budaya, bahasa bahkan adat istiadat dapat memicu terjadinya konflik dan perpecahan. Disinilah peranan pendidikan sebagai filter agar tidak terjadi gesekan-gesekan yang dapat mengganggu keutuhan NKRI, sehingga sudah selayaknya multikultural masuk dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Islam sendiri sesungguhnya sarat dengan nilai multikultural, Islam agama yang mampu mempersatukan umat manusia tanpa memandang perbedaan yang ada. Konsep kurikulum 2013 yang berorientasi pada pembentukan karakter siswa, diharapkan dapat meningkatkan mutu dan hasil pendidikan yang mengarah pada pembentukan budi pekerti dan akhlaq yang mulia. Melalui pendidikan multikultural dalam kurikulum 2013 siswa mengenal banyak perbedaan yang ada dalam kehidupan baik di sekolah maupun di luar sekolah, sehingga memiliki penghargaan dan penghormatan terhadap orang lain dan lingkungan dan tercipta kerjasama yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pendidikan agama Islam yang bermuatan multikultural, (2) kurikulum pendidikan Agama Islam SMK (K-13) yang bermuatan multikultural ,(3) nilai-nilai pendidikan Agama Islam yang bermuatan multikultural pada bahan ajar PAI SMK Kelas X pada Kurikukum 2013.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian kepustakaan (library research), yaitu penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literature (kepustakaan) baik berupa buku, catatan, jurnal, artikel maupun laporan hasil penelitian terdahulu, dengan menggunakan pendekatan deskriftip kualitatif dan pendekatam filsafat . Adapun analisis data menggunakan analisis isi (content analysis) yaitu pembahasan terhadap suatu informasi tertulis atau tercetak (dalam hal ini bahan/buku ajar SMK PAI, kelas X terbitan Erlangga 2017)
Dari pembahasan ditemukan sebagai berikut: (1) pendidikan agama Islam yang bermuatan multikultural menjadikan pendidikan yang kembali pada konsep Islam sebagai ajaran yang sempurna atau ajaran Islam yang meletakkan nilai-nilai Islam sebagai pandangan dan sikap hidup, (2) kurikulum pendidikan yang mampu membentuk peserta didik memiliki pengetahuan spiritual , sosial, pengetahuan dan keterampilan sehingga dapat mengatasi segala perbedaan yang ada di masyarakat agar menjadi pemersatu agama, golongan, suku, bahasa dan tradisi , (3) nilai-nilai multikultural yang terdapat pada bahan ajar Erlangga SMK kelas X terdiri dari : (a) indahnya persaudaraan, (b) menumbuhkan solidaritas sosial melalui zakat, (c) meningkatkan kesejahteraan umat melalui wakaf. | en_US |