Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Anak Tunagrahita Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB-C) Ruhui Rahayu Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Adi Saputra, 2019. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Anak Tunagrahita Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB-C) Ruhui Rahayu Samarinda”. Tesis, Pendidikan Agama Islam (PAI), Program Pascasarjana (PPs) Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda.” Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Abubakar Madani, M.Ag selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini berangkat dari asumsi bahwa setiap manusia adalah makhluk yang berhak mendapatkan pendidikan, terlebih pendidikan agama sesuai dengan keyakinannya masing-masing, maka diperlukan lembaga pendidikan agar anak bisa mendapatkan pendidikan dengan baik melalui pengajaran, namun berbeda dengan anak tunagrahita, sebab anak katagori ini adalah anak yang memiliki IQ di bawah rata-rata anak normal secara umum. Maka diperlukan strategi khusus untuk mendidiknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Tunagrahita di SDLB Ruhui Rahayu Samarinda dan apa saja Hambatan dan Faktor Pendukung yang dihadapi dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak tunagrahita di SDLB/C Ruhui Rahayu Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Jenis yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan disajikan dalam bentuk deskriptif analisis non statistik. Variabel dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran. Sedangkan proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SDLB-C Ruhui Rahayu Samarinda. Teknik analisis data mengunakan data reduction, data display, dan penarikan kesimpulan.
Dari analisis yang didapatkan penulis setelah melakukan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menyampaikan materi Pendidikan Agama Islam pada anak tunagrahita sangat bervariatif meliputi strategi demonstrasi praktik, bermain, bercerita, dan menyanyi (PB2M). Sedang proses penerapan masing-masing strategi sesuai dengan teori strategi pembelajaran, namun melihat pada keadaan siswa dan kelas yang berbeda satu sama lain terkadang pendidik melakukan inovasi pada penerapan strategi agar tujuan dan materi yang disampaikan dapat diterima dan dipahami peserta didik.