Show simple item record

dc.contributor.authorPutri, Amanda Maharani
dc.date.accessioned2023-10-27T02:57:15Z
dc.date.available2023-10-27T02:57:15Z
dc.date.issued2023-06-12
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3545
dc.description.abstractABSTRAK Amanda Maharani Putri, “Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Labbaika Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan AJI Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Noor Thaibah, M.Ag selaku dosen pembimbing I dan Bapak Dr. Sabran, M.Pd selaku dosen pembimbing 2. Media pembelajaran audio visual merupakan suatu perangkat atau alat bantu yang digunakan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas dengan mudah. Adanya media audio visual ini sangat membantu guru dalam menyampaikan materi ajar yang akan diberikan oleh siswa di kelas.. Media audio visual sangat cocok digunakan khususnya pada mata pelajaran SKI yaitu pelajaran yang berkaitan dengan sejarah-sejarah islam untuk menjauhi kata bosan pada pelajaran ini maka guru perlu memperhatikan bahan dan media seperti apa yang akan digunakan di dalam kelas dan strategi yang akan digunakan nantinya. Adanya media audio visual ini mampu meningkatkan minat belajart siswa di dalam kelas. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif, dengan menggunakan populasi seluruh kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Labbaika Samarinda yang berjumlah 163 siswa, untuk menentukan sampel peneliti menggunakan Purposive sampling yang berjumlah 130 siswa dengan menggunakan rumus Slovin untuk menentukan berapa jumlah pengambilan sampel siswa, pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun untuk uji prasyarat peneliti menggunakan uji normalitas dan uji linearitas selanjutnya teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana. Hasil dari uji normalitas dan linearitas yaitu untuk uji normalitas peneliti memperoleh nilai sebesar 0,200 > 0,05 yang artinya dikatakan normal apabila sig r hitung > 0,05 dinyatakan normal sesuai dengan hasil yang didapatkan peneliti sebesar 0,200 maka dapat dikatakan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan untuk hasil uji linearitas peneliti mendapatkan nilai sebesar 0,031 > 0,05 artinya hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa variabel X memiliki hubungan dengan variabel Y. dan yang terakhir ialah uji regresi linear sederhana untuk hasil dari uji tersebut ialah sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh antara variable media audio visual terhadap minat belajar dan untuk nilai Rsquare yaitu 0,553 yang artinya tingkat pengaruh media audio visual terhadap minat belajar sebesar 55,3%. Sehingga dapat dikatakan bahwa berdasarkan perhitungan dan analisis data, bahwa uji hipotesisi didapatkan Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh pada media audio visual terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Labbaika Samarinda dan besaran pengaruh antara variabel X dan Y sebesar 55,3% sedangkan 44,7% dipengaruhi oleh variabel lain.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMedia Audio Visual, Minat Belajar, Siswaen_US
dc.titlePengaruh Media Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Labbaika Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record