dc.description.abstract | ABSTRAK
Isma Hidayah, 2023. “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Tafsir di Kelas XI Agama Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Muhammad Iwan Abdi, M.S.I selaku dosen pembimbing I dan H. Marajo, Lc,.M.Pd.I selaku dosen pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menerapkan teknik make a match dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang telah memiliki gaya belajarnya masing-masing. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match efektif atau tidak terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Tafsir pada kelas XI Agama di MAN 1 Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajarn kooperatif tipe make a match cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa serta memberikan aktivitas belajar yang baru bagi siswa dengan teknik make a match.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design dengan lokasi penelitian di MAN 1 Samarinda. Populasi penelitian ini sebanyak 133 siswa/i program keagamaan dengan sampel sebanyak 58 siswa kelas XI Agama. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menyebarkan tes, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji wilcoxon (uji hipotesis), uji normalized gain score dan uji effect size Cohen menggunakan IBM SPSS Statistics 25.
Berdasarkan hasil penelitian terkait penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Tafsir dengan analisis statistik deskriptif dihasilkan nilai mean post-test siswa di kelas eksperimen sebesar 87,93 sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai mean sebesar 77,24. Uji normalitas 0,000<0,05 menyatakan data tidak berdistribusi dengan normal. Sedangkan uji wilcoxon menunjukkan bahwa Asymp. Sig. (2 tailed) bernilai 0,000<0,05 maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima, yang artinya penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match efektif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu tafsir. Hasil n-Gain score nilai rata-rata n-Gain score kelas eksperimen (make a match) adalah sebesar 71,793 termasuk dalam kategori cukup efektif dan dengan nilai hasil uji effect size sebesar 0,6 dengan persentase 60% dalam kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match cukup efektif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Tafsir di kelas XI Agama MAN 1 Samarinda. | en_US |