Show simple item record

dc.contributor.authorPurwanti, Purwanti
dc.date.accessioned2020-04-16T13:48:16Z
dc.date.available2020-04-16T13:48:16Z
dc.date.issued2019-06-21
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/354
dc.description.abstractABSTRAK Purwanti, 2019. “Pengaruh Promosi dan kepercayaan Terhadap Motivasi Muzakki pada BAZNAS Provinsi Kalimantan Timur”. Tesis, Program Studi Ekonomi Syariah Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda, Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Darmawati, M.Hum sebagai pembimbing I dan Dr. Sitti Syahar Inayah, M.Si sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah, penghimpunan zakat yang belum mencapai jumlah maksimal di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional. Faktor yang dapat mempengaruhi hal tersebut salah satunya adalah faktor muzakki yang belum mempunyai motivasi untuk menyalurkan zakatnya kepada LAZ ataupun BAZ. Oleh karena itu BAZ dan LAZ harus mempunyai strategi dalam berpromosi. Maka dalam penelitian ini mempunyai rumusan masalah yaitu 1) Bagaimana pengaruh promosi zakat terhadap motivasi muzakki pada BAZNAS Provinsi Kalimantan timur dan bagaimanakah pengaruh kepercayaan terhadap motivasi muzakki pada BAZNAS Provinsi Kalimantan Timur?. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui pengaruh promosi terhadap motivasi muzakki, dan 2) mengetahui pengaruh kepercayaan terhadap motivasi muzakki pada BAZNAS Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian lapangan ini dengan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan teknik purposive sampling. untuk mendapatkan data peneliti menggunakan instrumen penelitian yakni kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah muzakki yang menyalurkan zakatnya kepada BAZNAS Provinsi Kaltim, sedangkan sampelnya adalah muzakki yang menyalurkan zakatnya kepada BAZNAS Provinsi Kaltim melalui UPZ yang berjumlah 10 tempat. Berdasarkan dari hasil penelitian,hasil uji validitas data pernyataan pada kuesioner penelitian dinyatakan valid sehingga dapat digunakan untuk uji selanjutnya adalah uji reliabilitas. Hasil uji signifikansi uji R^2 adalah sebesar 0,292 atau 29,2%. Maka dapat disimpulkan bahwa vareabel independen yang digunakan dalam model menjelaskan 29,2% sisanya 70,8% dijelaskan oleh vareabel lain. Hasil uji analisis regresi linier berganda terbentuk persamaan Y = 28,461-0,36X1+0,246X2. Dari persamaan tersebut diperoleh konstanta 28,461, vareabel promosi berpengaruh negatif signifikan sedangkan vareabel kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan. Hasil uji t secara parsial promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi muzakki sedangkan secara parsial kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi muzakki pada BAZNAS Provinsi Kalimantan Timur. Hasil uji F, menyatakan bahwa vareabel promosi dan kepercayaan secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap motivasi.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectkepercayaan, motivasi, promosien_US
dc.titlePengaruh Promosi dan Kepercayaan Terhadap Motivasi Muzakki pada BAZNAS Provinsi Kalimantan Timuren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record