Upaya Sekolah Dalam Meningkatkan Literasi Digital Melalui E-Learning Di Madrasah Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Sela Prahasti, 2023, Upaya Sekolah Dalam Meningkatkan Literasi Digital Melalui E-Learning Di Madrasah Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammmad Idris Samarinda di bawah bimbingan Drs. H. Ahmad Riyadi, S.S., M. Hum selaku pembimbing I dan Yunita Noor Azizah, M. Pd. I selaku pembimbing II.
E-learning madrasah sebagai salah satu akses yang merupakan inovasi terbaru yang digunakan oleh guru dan siswa. E-learning juga merupakan media yang berbasis teknologi agar mempermudah suatu pelajaran, dalam menjelaskan materi pembelajaran. Pemanfaatan fitur pada e-learning madrasah ini diharapkan dapat mampu menjadi upaya dalam meningkatkan literasi informasi pada siswa. Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda, dalam penggunaan e-learning madrasah sudah sejak lama dilakukan oleh guru-guru termasuk guru rumpun PAI sekitar 2 tahun lebih sampai sekarang. Aktivitas monitoring yang terdapat pada fitur elearning madrasah dengan banyaknya siswa yang mengikuti pembelajaran dan pengumpulan tugas tepat waktu lebih banyak dari pada penggunaan media digital dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan melakukan penelitian lapangan atau secara langsung, kemudian teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informasi yang dilakukan oleh penelitian ini adalah kepada Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda, waka kurikulum, guru rumpun PAI, dan siswa maupun siswi Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda. Uji keabsahan datanya menggunakan uji kredibilitas yang terdiri dari tringulasi sumber dan tringulasi teknik. Teknik analisis yang digunakan yaitu, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
hasil penelitian menunjukan bahwa upaya sekolah dalam meningkatkan literasi digital melalui e-learning madrasah telah efektif. Bagi guru senior yang masih belum memahami e-learning madrasah akan dibantu oleh operator elearning, mereka dipercaya memberikan bimbingan kepada senior yang mengalami kendala dalam penggunaanya. Adapun penggunaan aplikasi tambahan Ryu-Exambro sebagai peningkatan keamanan guna melindungi system e-learning madarsah tersebut, yang bertujuan menghindari kecurangan yaitu menyontek terhadap siswa selama masa ujian berlangsung. Faktor pendukung dalam menggunakan e-learning madrasah yaitu memudahkan siswa mengerjakan tugas dan ulangan selama kegiatan belajar mengajar. Faktor penghambat dalam menggunakan sistem e-learning ialah kapasitas untuk partisipan siswa terbatas. Ketika jaringan tidak stabil maka hal tersebut dapat memperhambat dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) antara guru dan juga siswa.