Show simple item record

dc.contributor.authorNur Hafifah, Fatimatul Zahrah
dc.date.accessioned2023-10-31T01:40:09Z
dc.date.available2023-10-31T01:40:09Z
dc.date.issued2023-08-26
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3552
dc.description.abstractABSTRAK Fatimatul Zahrah Nur Hafifah, 2023. Pola Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Pembentukan Karakter Religius. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda, penelitian ini dibimbing oleh Dr. Khojir, M.SI selaku pembimbing I dan Rega Armella, M.Pd selaku pembimbing II. SMP Negeri 18 Samarinda termasuk sekolah yang melaksanakan pola pembelajaran Pendidikan Agama Islam guna pembentukan karakter religius ini secara terprogram dan tidak terprogram. Program ini merupakan salah satu program sekolah yang Islami. Fakta di lapangan peneliti menemukan praktik pembentukan dilakukan menganjurkan dan membiasakan siswa untuk mengimplementasikan nilai-nilai karakter di lingkungan sekolah maupun dalam belajar dan program sekolah lainnya, sehingga melalui arahan kegiatan sekolah muncul akhlak yang berlandaskan pada nilai-nilai luhur pada hakikatnya siswa masih banyak yang melanggar aturan sekolah maka dilakukan penelitian sebagai berikut; 1) pola pembelajaran pendidikan agama islam dalam peningkatan karakter religius; 2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pola pembelajaran pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter religius Siswa SMP Negeri 18 Samarinda, dengan tujuan Untuk mengetahui Bagaimana Pola Pembelajaran PAI dalam Pembentukan Karakter Religius. Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter religius. Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapat di analisis menggunakan teknik kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data, dan triangulasi teknik bentuk. Adapun hasil penelitian; 1). Pola pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP Negeri 18 Samarinda, Pola pembelajaran PAI dalam pembentukan karakter religius dilaksanakan secara rutin yakni pada kegiatan harian, mingguan bulanan dan tahunan; materi yang disampaikan berupa motivasi belajar, sejarah nabi dan rasul untuk meneladani karakter rasulullah; narasumber yang mengisi kegiatan adalah guru Pendidikan Agama Islam sendiri atau didatangkan narasumber dari luar; metode yang digunakan yaitu pembiasaan, keteladanan, nasihat, teguran, dan hukuman. 2) Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Pola pembelajaran pendidikan agama islam, Faktor pendukungnya yakni datang dari dalam diri siswa berupa motivasi, faktor penghambat, yakni kurangnya kesadaran siswa atas pembentukan karakter religius, dan faktor eksternal berupa pengaruh pergaulan.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPola Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam (PAI), Karakter Religius.en_US
dc.titlePola Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Pembentukan Karakter Religius.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record