Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Pemahaman Materi dan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti di SMP Negeri 36 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Sianli Meme, 2023. “Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Pemahaman Materi dan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti di SMP Negeri 36 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. Darwis M.SI selaku pembimbing I dan ibu Rabiatul Adawiyah, M. Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah dengan menerapkan model Contextual Teaching and Learning siswa antusias dan semangat dalam belajar secara mandiri maupun kelompok, bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan oleh guru, serta saling membantu sesama teman dengan mencari sumber materi yang diperintahkan oleh guru. Namun disisi lain, sebagian siswa ada yang tidak mengerjakan tugas dan mengobrol dengan temannya selain itu juga apabila model/metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti tidak dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari dan juga tidak memberikan pengetahuan yang luas maka tidak dapat menyelesaikan permasalahan berdasarkan kondisi yang sebenarnya di kehidupan nyata. Sementara tujuannya diterapkan model ini ialah pada keaktifan siswa dalam memahami materi dan memiliki pemikiran yang kreatif. Maka dari itu, dengan adanya model Contextual Teaching and Learning peneliti tertarik untuk diterapkan di SMP Negeri 36 Samarinda.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sedangkan populasinya seluruh siswa kelas VIII yang beragama islam di SMP Negeri 36 Samarinda. Kemudian sampel yang digunakan pada kelas VIII A dan VIII C SMP Negeri 36 Samarinda yang beragama islam. Dengan teknik purposive sampling yaitu memiliki kriteria tertentu dalam menggunakan sampel. Observasi dokumentasi, dan angket dalam penelitian ini digunakan untuk mengumpulkan data. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas dan uji reliabilitas serta teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, uji t, uji simultan (uji F), dan uji koefisien determinasi.
Hasil yang didapat dari penelitian ini ialah terdapat pengaruh yang signifikan antara model Contextual Teaching and Learning terhadap Pemahaman Materi dan Berpikir Kreatif Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 36 Samarinda. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis Y1 diperoleh thitung sebesar 5,527 sedangkan nilai ttabel 1,685 dan Y2 diperoleh thitung sebesar 3,247 sedangkan nilai ttabel 1,685 karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji simultan (uji F) menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model Contextual Teaching and Learning terhadap pemahaman materi dan berpikir kreatif siswa. Selanjutnya hasil uji koefisien determinasi diketahui nilai Adjusted R Square sebesar 0,436. Hal ini berarti model Contextual Teaching and Learning secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pemahaman materi dan berpikir kreatif siswa ialah sebesar 43,6% dengan sisa 56,4% dipengaruhi oleh variabel yang tidak terdapat pada penelitian ini.