dc.description.abstract | ABSTRAK
Muhammad Sirajul Amin Mubarak, 2022. “Implementasi Manajemen Syariah dan Strategi Bisnis dengan Syirkah Muḍārabah dalam Melakukan Ekspansi Bisnis pada Istana Laundry di Samarinda”. Tesis. Program Studi Ekonomi Syariah, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. M. Tahir, MM sebagai pembimbing I dan Dr. H. Moh. Mahrus, M.HI sebagai pembimbing II.
Penelitian ini didasari oleh keberhasilan Istana Laundry dalam mengembangkan bisnisnya menggunakan sistem bagi hasil (Syirkah Muḍārabah) hingga mampu mendirikan sebelas cabang yang tersebar di Kota Samarinda dan berdampak positif membuka banyak lapangan pekerjaan. Keberhasilan ekspansi bisnis tersebut ditinjau dari sudut pandang bagaimana implementasi manajemen syariah dan strategi bisnis yang digunakan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) implementasi manajemen syariah dengan Syirkah Muḍārabah dalam melakukan ekspansi bisnis dan (2) implementasi strategi bisnis dalam melakukan ekspansi bisnis pada Istana Laundry di Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah general manager, pendiri dan customer service Istana Laundry. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil yang diperoleh dari pada penelitian ini (1) implementasi manajemen syariah oleh Istana Laundry yaitu dengan menjalankan fungsi POAC berupa planning meliputi menentukan tujuan berupa ekspansi, merumuskan keadaan saat ini berupa kesiapan sistem dan organisasi yang dimiliki, mengidentifikasi lingkungan internal dan eksternal menggunakan analisis SWOT, mengembangkan serangkain kegiatan ekspansi berupa bentuk bisnis, keperluan infrastruktur, besaran modal, dan sumber modal yang halal. Organizing meliputi menentukan SDM yang terlibat yaitu tim konsultan Istana Laundry sebagai pelaksana ekspansi, bagian delivery sebagai penghubung antara cabang dan workshop, dan customer service sebagai petugas di cabang. Actuating berupa mencari investor, survei lokasi, rapat terbuka, perjanjian kerja sama yang memenuhi syarat dan rukun Syirkah Muḍārabah, mendirikan cabang, dan menjalankan kegiatan bisnis di cabang. Controlling berupa kunjungan, melihat laporan keuangan, pertukaran karyawan dan briefing. Adapun dalam (2) implementasi strategi bisnis berdasarkan elemen dasar manajemen strategi yaitu pengamatan lingkungan menggunakan analisis SWOT, kemudian merumuskan strategi dari hasil tersebut. Implementasi strategi bisnis berupa memaksimalkan penambahan cabang, menggunakan cabang strategis untuk promosi, memperkuat brand image dengan menambah varian jasa, dan menghindari mendirikan cabang dikawasan banjir. Evaluasi dari strategi berupa tidak menempatkan mesin cuci dicabang, promosi melalui cabang berdampak bagus, perlu melengkapi SOP yang belum ada dan perlu konsisten dalam menghindari mendirikan cabang di lokasi banjir. | en_US |