Problematika Guru PAI dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Al-Mujahidin 2 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Nur Rohidah, 2023.“Problematika Guru PAI dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Al-Mujahidin 2 Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr, Khojir. M.Si selaku dosen pembimbing I dan Dr. Suratman, M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah terjadinya problematika guru PAI dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 yaitu kurangnya sosialisasi kurikulum 2013, guru yang masih terbatas dalam pengetahuan teknologi, kesulitan dalam melakukan penilaian, serta masalah pada siswa yang di didik. Melihat kasus tersebut perlu peneliti untuk mengetahui upaya yang guru lakukan dalam mengatasi problematika yang dihadapi dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Fokus penelitian atau instrumen dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala (waka) kurikulum, guru agama akidah akhlak, guru agama fiqh, guru agama Al-qur’an hadits dan guru agama ski. Adapun teknik analisis data yang dilakukan ada tiga yakni kodifikasi data (kondensasi data), penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi), serta uji keabsahan data diantaranya triangulasi, kebergantungan (dependability), kepastian (confirmability), dan membercheck.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat problematika guru PAI dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 yaitu kesulitan terhadap penilaian autentik yang bervariasi, kurangnya pengetahuan teknologi, serta kurangnya kreatifitas guru dalam metode pembelajran yakni menggunakan metode ceramah. Solusi yang dilakukan yaitu melakukan pelatihan tentang penilaian autentik dan penguasaan komputer, mengatur strategi pembelajaran, serta memaksimalkan pembelajaran menggunakan media inovatif,