Show simple item record

dc.contributor.authorSulistiyani, Sulistiyani
dc.date.accessioned2023-11-02T06:45:20Z
dc.date.available2023-11-02T06:45:20Z
dc.date.issued2023-06-16
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3560
dc.description.abstractABSTRAK Sulistiyani. 2023, “Strategi Pembelajaran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 14 Samarinda”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibawah bimbingan Bapak Dr.Zamroni, M.Pd sebagai pembimbing I dan Ibu Rahmatillah, M.Pd sebagai pembimbing II. Latar belakang dari penelitian skripsi ini adalah pendidikan agama islam menjadi landasan penting, agar anak didik menjadi anak yang beriman dan menjadi anak didik yang mampu bertanggungjawab, jujur, berakhlak, dan berpengalaman yang luas. Bidang pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang masih menggunakan cara pembelajaran kurang diminati/kurang membuat siswa senang, beberapa kelemahan yang ditemukan ialah sebagian besar siswa mengantuk, berbicara dengan teman sekelas, diam-diam mengutak-atik gawai (handphone) dilaci meja, tidak memperhatikan pelajaran dan keterbatasannya sarana media pembelajaran yang menunjang sehingga guru harus kreatif untuk melangsungkan proses pembelajaran agar diterima oleh siswa.Tujuan penelitian skripsi ini adalah 1) untuk mengetahui bagaimana Strategi Pembelajaran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAIBP di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 14 Samarinda, dan 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat Strategi Pembelajaran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, serta 3) untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAIBP di SMK Negeri 14 Samarinda. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah , 2 guru PAI, dan 10 siswa-siswi di SMK Negeri 14 Samarinda. Penelitian ini menggunakan beberapa teknik dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah analisis dengan model Miles and Huberman. Hasil penelitian : 1) Strategi Pembelajaran Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAIBP di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 14 Samarinda melalui strategi Ekspositori dan Inquiry yaitu mengajak siswa untuk berpikir kritis, selanjutnya guru mnghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari, lalu guru mengiringi strategi dengan beberapa model agar siswa mudah memahami materi. 2) faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar bagi siswa adalah minat, apresiasi siswa, kemampuan siswa, kondisi siswa dan, kurangnya dukungan fasilitas juga mempengaruhi motivasi dalam pembelajaran dikelas.3) upaya yang dilakukan oleh sekolah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAIBP yaitu memberikan angka pada tugas harian, atau tes lisan. Guru juga memberikan reward pada siswa yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan pada saat pelajaran, memberikan ulangan harian untuk menguji kemampuan siswa tentang sejauh mana pemahaman siswa dalam menerima materi sebagai evaluasi guru, masukkan dan memberikan bantuan kepada siswa-siswi yang perlu diberikan tambahan pelajaran.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectStrategi Pembelajaran, Guru, Motivasi Belajaren_US
dc.titleStrategi Pembelajaran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 14 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record