Implementation of Educational Learning Outcomes Evaluation Islamic Religion is Based on an Independent Curriculum

Date
2023-08Author
Musyafa', AChmad
Nasir, Nuhammad
Jannah, Fathul
Sudadi, sudadi
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan atribut-atribut kegiatan yang termasuk dalam proses evaluasi atau penilaian hasil belajar pada sesi pendidikan agama Islam, dengan penekanan khusus pada kurikulum mandiri. Penelitian  ini  menggunakan  metodologi  penelitian  kualitatif,  khususnya  menggunakan  teknik  deskriptif fenomenologis. Pendekatan  pengumpulan  data meliputi penggunaan berbagai metode, antara lain observasi, wawancara, dan teknik dokumentasi, selama evaluasi. Proses analisis data memerlukan penerapan paradigma Miles  dan  Huberman.  Penelitian  ini  melibatkan  penggunaan  teknik  analisis  data  untuk  menguji  data  yang dirangkum.  Proses validasi  data melibatkan penggunaan teknik triangulasi untuk  menjamin  keakuratan  dan keandalan. Pelaksanaan evaluasi hasil pembelajaran meliputi tiga unsur pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan identifikasi faktor-faktor yang memudahkan atau menghambat pelaksanaan evaluasi. Temuan penelitian ini menunjukkan  bahwa  proses  perencanaan  dan  evaluasi  hasil  pembelajaran  memerlukan  identifikasi  tujuan evaluasi, pelaksanaan kegiatan evaluasi berdasarkan tujuan tersebut, dan mempertimbangkan faktor pendukung seperti  kesiapan  siswa  dalam  mengikuti  proses  pembelajaran.  Salah  satu  permasalahan  yang  menghambat kemajuan adalah kurangnya pemanfaatan alat-alat pengajaran yang dimiliki pendidik.
