Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Surat Al-Kahfi dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter di Indonesia
Abstract
Ade Rifani Ardian, 2022. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Surat Al-Kahfi dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter di Indonesia”. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Khojir, M.SI sebagai pembimbing I dan Dr. Hj. Fathul Janah, M.SI sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah implementasi pendidikan yang lebih menitikberatkan pada ranah kognitif, tetapi kurang dalam penerapan aspek afektif, yakni aspek sikap dan nilai, yang di dalamnya termasuk nilai-nilai karakter. Terdapat kecenderungan masyarakat maupun sekolah sekedar memacu peserta didik untuk memiliki kemampuan akademik tinggi tanpa diimbangi pembentukan karakter yang kuat dan cerdas, bahkan jumlah pendidik yang berkarakter kuat dan cerdas seperti yang diharapkan juga terbatas jumlahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter dalam surat al-Kahfi, tentang nilai-nilai dan metode-metode pendidikan karakter di dalamnya dan relevansinya dengan pendidikan karakter di Indonesia.
Penelitian ini menggunakan metode riset perpustakaan (library research) dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu sistematis terhadap catatan atau dokumen sebagai sumber data, teknik pengumpulan data berupa pengumpulan data literer, teknik keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber yakni mengumpulkan berbagai sumber dan melakukan rekonstruksi terhadap informasi yang telah dilakukan, dan teknik analisis data dengan cara mengorganisir data, menjabarkan, melakukan sintesa, menyusun ke dalam pola, dan membuat kesimpulan. Metode analisis data menggunakan metode tafsir tahlili.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter dalam pendidikan karakter di Indonesia mempunyai relevansi dengan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam surat al-Kahfi, diantaranya adalah nilai religius, nilai jujur, nilai peduli sosial, nilai kreatif, nilai bertanggung jawab, nilai rasa ingin tahu, nilai bersahabat/komunikatif, nilai disiplin, dan nilai kerja keras. Sedangkan nilai pendidikan karakter dalam surat al-Kahfi yang tidak ada relevansi dengan nilai pendidikan karakter di Indonesia dalam program Penguatan Pendidikan Karakter adalah nilai kesungguhan dan nilai konsistensi. Metode pendidikan karakter yang terdapat dalam surat al-Kahfi yaitu metode keteladanan, metode pembiasaan atau pengulangan, metode reward and punishment, metode tazkiyah an-nafs, metode demonstrasi, metode komunikasi, dan metode mengasuh berkesadaran. Relevansi dengan metode pendidikan karakter di Indonesia banyak memiliki kesamaan dengan metode pendidikan karakter dalam surat al-Kahfi. Dengan memahami nilai-nilai dan metode-metode pendidikan karakter dalam surat al-Kahfi dapat membantu meraih hasil yang maksimal dalam penanaman nilai-nilai dan pendidikan karakter pada peserta didik.