Pengaruh Manajemen Sekolah dan Budaya Mutu terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran di MTs Kota Balikpapan
Abstract
Ai Rohaniah, 2023. “Pengaruh Manajemen Sekolah dan Budaya Mutu terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran di MTs Balikpapan”. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Zamroni, M.Pd sebagai pembimbing I dan Dr. Moh. Salehudin, M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian bahwa pentingnya kualitas pembelajaran sebagai bentuk mutu sekolah yang diketahui dari proses dan hasil pembelajaran, dapat dipengaruhi dari manajemen sekolah dan budaya mutu, sehingga pentingnya melalukan manajemen sekolah dan selalu melakukan budaya mutu yang baik dan mendukung semua upaya mewujudkan kualitas pembelajaran itu sendiri. Tujuan penelitian ini 1. Untuk mengetahui pengaruh manajemen sekolah terhadap kualitas pembelajaran di MTs Kota Balikpapan. 2. Untuk mengetahui pengaruh budaya mutu terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di MTs Kota Balikpapan, dan 3. Untuk mengetahui pengaruh manajemen sekolah dan budaya mutu secara bersama-sama terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di MTs Kota Balikpapan.
Adapun jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan survey, penelitian ini adalah penelitian populasi, karena semua populasi sebagai sampel dengan teknik sampling probability sampling, menjadikan 105 responden guru dan kepala sekolah MTs Kota Balikpapan. Teknik pengumpulan data menggunakan questioner / angket dengan instrument yang valid 51 item, dibagikan menggunakan form google dengan WhatsApp, data dianalisis statistic Regresi ganda dengan menggunakan SPSS versi 24.
Hasil penelitian, bahwa hipotesis 1 adalah hipotesis H0 terima, yakni terdapat pengaruh positif dan signifikan manajemen sekolah terhadap kualitas pembelajaran, besarnya nilai pengaruh 64.20% sesuai tabel hasil koefisien determinasi, hasil hitung uji t varibel manajemen sekolah (X1) terhadap varibel kualitas pembelajaran (Y) nilai Sig. 0,000 < 0.05, maka terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. Hipotesis 2 ditemukan bahwa H0 terima, yakni terdapat pengaruh positif dan signifikan manajemen sekolah terhadap kualitas pembelajaran, besarnya nilai pengaruh 84.20% sesuai tabel hasil koefisien determinasi, hasil hitung uji t varibel budaya mutu (X2) terhadap varibel kualitas pembelajaran (Y) nilai Sig. 0,000 < 0.05, maka terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. sedangkan untuk Hipotesis 3 ditemukan bahwa H0 terima, yakni terdapat pengaruh positif dan signifikan manajemen sekolah X1 dan budaya mutu X2 terhadap kualitas pembelajaran Y, besarnya nilai pengaruh 85.00% sesuai tabel hasil koefisien determinasi, hasil hitung uji F varibel manajemen sekolah X1 dan budaya mutu (X2) terhadap varibel kualitas pembelajaran (Y) nilai Sig. 0,000 < 0.05, maka terdapat pengaruh yang positif dan signifikan.