dc.description.abstract | ABSTRAK
Siti Nur Syamsinar, 2023. “Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Mts Nabil Husein Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Bahrani, M. Pd dan Dr. Agus Setiawan, M.Pd.I.
Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah gagasan pembelajaran pada siswa yang memberikan menekankan pada bagaimana suatu materi pembelajaran itu dikaitkan dengan proses kehidupan dunia nyata siswa hingga siswa dapat dengan mandiri menghubungkan dan mengaplikasikan kompetensi hasil dari proses belajar dalam kehidupannya sehari-hari. Diharapkan siswa dapat terdorong serta termotivasi untuk memahami apa makna, hakikat, serta manfaat dari belajar melalui pendekatan kontekstual ini, yang akan menjadi motivasi juga stimulus bagi mereka untuk selalu belajar. Oleh karena tujuan dari penelitian ini ingin meneliti bagaimana implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Mts Nabil Husein Samarinda.
Penelitian ini ialah penelitian dengan kualitatif dengan menggunakan pendekatan jenis deskriptif. Perolehan data dalam penelitian ini melibatkan epala sekolah, waka kurikulum, guru mata pelajaran, dan siswa sekolah MTs Nabil Husein Samarinda. Melalui wawancara dan dokumentasi peneliti berhasil mengumpulkan data baik primer maupun sekunder. Berbagai literatur serta manajemen kurikulum yang dilaksanakan diambil sebagai sumber data dalam penelitian ini. Data yang sudah didapatkan akan diuji kebenaran menggunakan triangulasi data. Data akan dianalisis menggunakan empat langkah yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran Qur’an Hadits telah dilaksanakan dengan baik di MTs. Nabil Husein Samarinda dengan melakukan tahapan-tahapan dalam pembelajaran CTL yakni: Konstruktivisme (contruktivism), Menemukan (Inquiry), Bertanya, Diskusi Kelompok, Permdelan (Modeling), Refleksi, Penilaian Authentic (Authentic Assessment). Terdapat faktor pendukung serta penghambat. Faktor pendukung: 1) semangat tenaga pendidik dalam melakukan pengajaran menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL), 2) dorongan dan motivasi yang diberikan guru yang membawa perubahan bagi siswa, 3) sarana dan prasarana sudah cukup memadai. Faktor hambatan yang terjadi adalah: 1) kemampuan intelegensi dan intelektual siswa yang beragam, 2) terbatasnya bahan pembelajaran, 3) terbatasnya waktu pendampingan pembelajaran siswa. terdapat upaya yang dilakukan sekolah dalam memperlancar proses pembelajaran dengan menggunakan model CTL ini diantaranya: 1) menambah waktu, dan sumber pembelajaran, 2) meningkatkan mutu SDM tenaga pendidik.
Kata kunci: Contextual Teaching Learning (Ctl), Qur’an Hadits, Model Pembelajaran MTs | en_US |