Penguatan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah At-Tarbiyah Loa Janan
Abstract
ABSTRAK
Evita Nur Khozani, 2023. “Penguatan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah At-Tarbiyah Loa Janan”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. Muhammad Nasir, M.Ag dan Ibu Imroh Atul Musfiroh, M.Pd.I.
Latar belakang penelitian ini adalah Al-Qur’an sebagai wahyu dan kemampuan membaca serta menulis merupakan tuntutan agama namun, masih kurangnya kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah At-Tarbiyah Loa Janan merupakan tanggung jawab sekolah. Dengan demikian dibutuhkan penguatan dari kepala sekolah dan juga guru dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an. Oleh sebab itu, peneliti tertarik melakukan penelitian tentang penguatan kemampuan baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah At-Tarbiyah Loa Janan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penguatan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an siswa di Madrasah Ibtidaiyah At-Tarbiyah Loa Janan dan juga apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penguatan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah At-Tarbiyah Loa Janan.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini ialah kepala sekolah, guru dan murid. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara kepala sekeolah, guru, peserta didik dan dokumentasi. Data yang terkumpul diperiksa keabsahannya dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu 1. Bentuk-bentuk penguatan kemampuan baca tulis Al-Qur’an yang ada di Madrasah Ibtidaiyah At-Tarbiyah Loa Janan: a. Verbal dengan kata-kata motivasi dan juga kalimat pujian, b. Non verbal dengan kegiatan yang menyenangkan yaitu memberikan reward kepada peserta didik, isyarat, c. Adanya jam tambahan khusus kepada peserta didik yang baca tulis Al-Qur’annya masih kurang lancar, d. Adanya jam BTQ di luar sekolah dengan berkerjasama oleh Yayasan Al-Hasyimiyyah, e. hafalan rutin tiap minggu. 2. faktor pendukung dalam penguatan kemampuan baca tulis Al-Qur’an ini adalah Motivasi dari kepala sekolah, penyampaian materi yang baik dari guru, dan juga bantuan dari orang tua siswa, warga setempat dan juga yayasan Al-Hasyimiyyah. Sedangkan faktor penghambat dari penguatan program baca tulis Al-Qur’an adalah kurangnya media pembelajaran, kurangnya waktu pembelajaran baca tulis AlQur’an.