dc.description.abstract | ABSTRAK
Ramadhani Hidayat, 2023. “Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri Kutai Barat”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Robingatin, M.Ag, selaku dosen pembimbing I dan Drs. H. Imam Mohtar, M.Pd, selaku dosen pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah terdapat banyaknya siswa yang kurang memiliki motivasi belajar dalam pembelajaran akidah akhlak. Pada pembelajaran akidah akhlak peneliti melihat kurangnya minat siswa dalam memperhatikan ataupun mendengarkan penjelasan dari guru mata pelajaran, hal ini disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya cara mengajar yang terlalu monoton yang kurang diselingi dengan metode yang bervariatif, sehingga sebagian para siswa kurang memiliki motivasi belajar dan akhirnya mereka merasa malas terhadap materi yang diajarkan oleh guru mata pelajaran akidah akhlak. Dengan hal ini guru harus mampu mendorong siswa untuk memiliki motivasi dan keaktifan saat belajar dan hal tersebut harus disertai dengan pemberian reward sebagai stimulus siswa.
Metode pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu siswa di MAN Kutai Barat. Kemudian peneliti menentukan sampel penelitian dengan teknik simple random sampling sebanyak 110 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini terdapat pengaruh antara reward terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN Kutai Barat. Hal ini dibuktikan dengan nilai korelasi yaitu sebesar 0,659 dan tergolong kuat di interpretaskan dalam tabel r diserta diperoleh pula nilai koefesiensi determinansi (R Square) sebesar 0,434 atau 43,4%. Sehingga didapatkan kesimpulan bahwa pemberian reward memiliki sumbangsih sebesar 43,4% terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri Kutai Barat dan sisanya 56,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian, maka hipotesa dalam penelitian penelitian ini terbukti atau Ha dalam penelitian diterima. | en_US |