dc.description.abstract | Halim Rois, 2023. “Nilai-Nilai Karakter Islam (Telaah Terhadap Buku Hai, Anak Cucuku! Ahmad Hassan). Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh Dr. Iskandar, M.Ag sebagai pembimbing I dan Dr. H. Mukhtar Salam, Lc, MA sebagai pembimbing II.
Penelitian ini mengkaji masalah pokok pemikiran Ahmad Hassan mengenai nilai-nilai karakter Islam (Tela’ah terhadap buku hai, anak cucuku! Ahmad Hassan) yang diaplikasikan di lembaga pendidikan Pesantren Persatuan Islam (Persis). Seringkali sosok Ahmad Hassan dikaitkan dengan kegigihannya dalam menyebarkan paham keagamaan mengajak umat untuk kembali kepada al-Qur’an dan al-Sunnah, padahal Ahmad Hassan merupakan pigur pemimpin yang sangat memerhatikan juga aspek pendidikan. Pendidikan yang diterapkan tidak lepas dari karakter Islami terhadap santri-santrinya. Hal ini penting untuk dikaji mengingat kondisi lembaga pendidikan hari ini banyak yang sudah tidak memerhatikan lagi aspek karakter dalam proses pengajaran dan pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji nilai-nilai karakter perspektik Islam yang digagas dan diaplikasikan Ahmad Hassan di lembaga pendidikan yang ada di lingkungan Persatuan Islam.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analitis kritis dikarenakan yang dikaji pemikiran pendidikan dan aplikasinya di lembaga pendidikan Persatuan Islam. Metode ini berupaya menggambarkan gagasan primer Ahmad Hassan Bandung yang diterapkan terkait nilai-nilai karakter Islam dengan library research dan dokumentasi (pengumpulan data) terhadap karya-karya tulis Ahmad Hassan tentang karakter Islami.
Berdasarkan hasil analisis dari buku Hai, Anak Cucuku! dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai karakter Islam yang di terapkan Ahmad Hassan untuk mendidik para santrinya yang dengan gamblang mengarahkan para peserta didik untuk memiliki karakter yang mulia. Seperti keteladan, kejujuran, pembiasaan kebaikan, belajar, cinta buku dan berlatih dialog. Dengan demikian, karakter menjadi core (esensi) dalam gagasan dan penerapan nilai-nilai karakter Islam dari Ahmad Hassan di lingkungan pendidikan Persatuan Islam yang kemudian dikembangkan oleh generasi berikutnya. | en_US |