Show simple item record

dc.contributor.authorSyafi'i, Syafi'i
dc.date.accessioned2023-11-09T02:27:00Z
dc.date.available2023-11-09T02:27:00Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3613
dc.description.abstractSyafi’i. 2020. Evaluasi Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar (SD) Islamic Center Samarinda. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam (M.Pd). Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Di bawah bimbingan Dr. Eka Mahmud, M.Ag sebagai pembimbing I dan Dr. zamroni, M.Pd sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi akan pentingnya peran guru dalam proses pembelajaran. Guru harus memiliki 5 kompetensi, terutama kompetensi pedagogik yang menuntut guru untuk dapat merencanakan, membuat materi menjadi mudah dan menyenangkan, serta mengevaluasi pembelajaran. Namun belum semua guru mampu memaksimalkan kompetensi pedagogik. Hal ini dibuktikan guru menempati urutan ke-14 dari 14 negara berkembang. Oleh karena itu diperlukan kegiatan evaluasi kompetensi guru untuk memperoleh informasi kompetensi pedagogik dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran. Rumusan masalah, yaitu : bagaimana evaluasi kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam (PAI) dan apa faktor pendukung dan penghambat kompetensi pedagogik guru PAI di SD Islamic Center samarinda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi kompetensi pedagogik guru PAI dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat kompetensi pedagogik guru PAI di SD Islamic center samarinda Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan model evaluasi context, input, proccess, dan product. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dokumentasi di SD Islamic Center Samarinda. Sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisis model Miles dan Huberman. Adapun hasil penelitian ini adalah, komponen context yaitu kondisi lingkungan yang mendukung dengan sarana penunjang juga sangat memadai, komponen input yaitu kualifikasi guru telah memenuhi kualifikasi minimum yang ditetapkan dan semua linear dengan mata pelajaran yang diampu, hanya semua guru belum memiliki sertifikat pendidik. Komponen proccess yaitu kompetensi pedagogik guru yang berkaitan dengan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran untuk peserta didik yakni perencanaan pembelajaran, penerapan perencanaan pembelajaran di kelas sampai evaluasi hasil pembelajaran dari 10 indikator yang dinilai hanya 4 indikator yang belum maksimal semua guru melaksanakan. Komponen product yaitu evaluasi kompetensi pedagogic guru PAI yang dilakukan diperoleh persentase keterlaksanaan indikator dalam kompetensi pedagogic sebesar 83 % dengan kategori sangat baik.en_US
dc.publisherPAI Pascasarjana UINSI Samarindaen_US
dc.subjectPENDIDIKAN ISLAMen_US
dc.titleEvaluasi Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam di SD Islamic Centre Samarindaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nim1720100058


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record