Show simple item record

dc.contributor.authorFalah, Fajrul
dc.date.accessioned2023-11-09T04:01:42Z
dc.date.available2023-11-09T04:01:42Z
dc.date.issued2023-08-04
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3621
dc.description.abstractABSTRAK Fajrul Falah, 2022. “Strategi Guru Menghadapi Perbedaan Sikap Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran PAI SD Negeri 011 Loa Janan”. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. M. Said Husin, M.A selaku pembimbing I dan Ibu Rega Armela, M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi adanya banyak peserta didik yang belum bisa mengaplikasikan sikap belajar dengan baik dalam pembelajaran di lingkungan sekolah. terlihat sikap belajar siswa cenderung berubah yaitu sikap positif dan sikap negatif. Sikap positif siswa muncul ketika guru menerapkan metode pembelajaran yang memudahkan siswa dalam memahami dan menyerap materi yang diajarkan. Ada pula sikap negatif di kalangan siswa terhadap pembelajaran, hal ini mungkin disebabkan karena adanya anggapan bahwa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dirasa kurang menarik dan kurang sulit karena,sebab itulah pentingnya strategi guru dalam menghadapi perbedaan tersebut maka itu peneliti ingin mengetahui strategi guru menghadapi perbedaan sikap belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat menghadapi perbedaan sikap belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 011 Loa Janan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu jenis penelitian yang menghasilkan data desktiptif berupa kata-kata tertulis atau lisan. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dan dianalisis dengan menggunakan analisis Miles, Huberman dan Saldana terjemahan Tjetjep Rohindi terdiri dari data condensation (kondensasi data), data display (penyajian data), dan drawing and verifying conclusion (menggambarkan dan menarik kesimpulan). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah strategi guru menghadapi perbedaan sikap belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI yaitu dilakukan dengan pembelajaran menggunakan variasi metode dan pendekatan pembelajaran yakni metode ceramah, metode tanya jawab, pemberian tugas, metode diskusi untuk pendekatan pembelajaran yakni pendekatan individual, pendekatan pembiasaan, pendekatan pengalaman. Faktor pendukung dalam menghadapi perbedaan sikap belajar peserta didikdalam pembelajaran PAI yaitu siswa yang selalu bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, guru yang memiliki kreatifitas yang tinggi dalam menyiapkan kegiatan pembelajaran, kondisi sekolah yang kondusif untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Sedangkan Faktor penghambat nya yaitu bukan hal yang mudah untuk mengetahui gaya belajar dari setiap peserta didik, apalagi siswa belum mengatahui gaya belajar yang dimiliki nya, terkadang guru masih kesulitan untuk menyiapkan strategi pembelajaran yang tepat untuk menghadapi gaya belajar siswa, kurangnya media pembelajaran yang dapat mendukung dalam kegiatan pembelajaran.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectStrategi Guru, Perbedaan Sikap, Belajar, Peserta Didiken_US
dc.titleStrategi Guru Menghadapi Perbedaan Sikap Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran PAI SD Negeri 011 Loa Jananen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record