dc.description.abstract | Haidar Hafiedz, 2023. Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Keagamaan Di MTsN Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. Zamroni, M.Pd., selaku dosen pembimbing I, dan Bapak Dr. Sabran, M.Pd., selaku dosen pembimbing II.
Fakta Indonesia merupakan negara majemuk tidak dapat dibantah lagi. Namun pengambilan sikap yang tepat dalam menghadapi keragaman masih menjadi permasalahan. Konsep moderasi beragama menjadi penting karena sikap atau perilaku tersebut akan memberikan stimulus kepada sikap beragama yang bersifat tengah-tengah. Langkah konkrit dalam memberikan nilai-nilai moderasi beragama pada generasi muda adalah melalui pendidikan. Hasil observasi yang telah dilakukan menemukan bahwa di MTsN Samarinda belum membahas moderasi beragama secara khusus, akan tetapi nilai moderasi beragama telah dimuat dalam perencanaan pembelajaran mata pelajaran rumpun PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran keagamaan dilakukan, apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat, serta implikasi dari pelaksanaan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama tersebut.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini ialah penelitian lapangan berjenis deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang informannya ialah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, beberapa Guru rumpun PAI, dan peserta didik serta menggunakan teknik keabsahan data berupa triangulasi sumber data dan teknik serta teknik analisis data berupa pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan internalisasi nilai nilai moderasi beragama dalam pembelajaran keagamaan di MTsN Samarinda, sebagai berikut (1) dilakukan upaya dalam menginternalisasi nilai moderasi beragama melalui kebijakan kurikulum, kebijakan madrasah, program kegiatan yang mengandung nilai-nilai moderasi beragama, peran pendidik dan tenaga kependidikan dalam mendukung pelaksanaan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran keagamaan, (2) faktor pendukungnya antara lain, kebijakan kepala madrasah, kurikulum, pendidik, lingkungan, dan orang tua. Faktor penghambatnya, antara lain, pelaksanaan moderasi terbatas pada lingkungan Muslim saja, terbatasnya pemantauan aktivitas internet peserta didik, minim bahan bacaan serta minat baca terkait moderasi beragama, dan tingkah laku peserta didik. (3) implikasi yang dirasakan antara lain, adil, seimbang, komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, serta akomodatif terhadap kebudayaan lokal. | en_US |