dc.description.abstract | Sri Agustina, 2017. “Implementasi Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Dasar Islam (SDI) Hasaniyah Nahdlatul Wathan Tenggarong Seberang Kutai Kartanegara’’. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda’’. Penelitian ini di Bimbing oleh Dr. H. Akh. Bukhari, M. Ag dan Marniati Kadir, M. Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah guru sebagai tenaga pengajar harus memiliki kemampuan dan berkemampuan baik sebagai perencana/perancang pembelajaran. Guru sebagai perancang pembelajaran bertugas membuat program pembelajaran berupa perangkat yang meliputi silabus, program tahunan, program semester dan RPP sebagai acuan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas. Perangkat pembelajaran PAI sangat berpengaruh pada pemahaman, pengetahuan dan hasil belajar peserta didik. Pada kenyataannya, sebagian besar guru khususnya guru bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) masih mengalami kesulitan dalam penyusunan, pengembangan, dan pengimplementasian perangkat pembelajaran di dalam kelas. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi perangkat pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar Islam Hasaniyah Nahdlatul Wathan Tenggarong Seberang, serta mengetahui kendala yang dihadapi dalam implementasi perangkat pembelajaran di sekolah.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, Waka kurikulum, guru PAI dan siswa/siswi di Sekolah Dasar Islam Hasaniyah Nadhlatul Wathan Tenggarong Seberang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data dianalisa secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah implementasi perangkat pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar Islam Hasaniyah Tenggarong Seberang Kutai Kartanegara kurang memuaskan. Upaya yang di lakukan pihak sekolah terkait dengan perangkat pembelajaran adalah: melakukan supervisi baik itu yang di lakukan oleh kepala sekolah waka kurikulum maupun pengawas dari luar. Sedangkan kendala yang di hadapi dalam implementasi perangkat pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah kurangnya perhatian pemerintah terhadap fasilitas penunjang untuk sarana dan prasarana pembelajaran, kurangnya komitmen guru dalam mengaplikasikan perangkat pembelajaran, keterbatasan alokasi dana, kegiatan-kegiatan dari program sekolah, guru yang menganggap perangkat pembelajaran hanya sebagai formalitas saja, tingkat kognitif anak yang berbeda-beda, dan sering menemukan kondisi kelas yang belum siap belajar. | en_US |