Pengaruh Tes Remedial Terhadap Penguasaan Materi Pendidikan Agama Islam Siswa SMA Negeri 7 Samarinda
Abstract
Isra’atul Amalia Nuari, 2017. “Pengaruh Tes Remedial Terhadap Penguasaan Materi Pendidikan Agama Islam Siswa SMA Negeri 7 Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Iskandar, M.Ag., selaku pembimbing I dan Dr. Hj. Ity Rukiyah, M. SI. selaku pembimbing II.
Latar belakang masalah penelitian ini diawali pada proses pendidikan, pendidikan seyogyanya bertujuan untuk memberi perubahan kepada siswa dalam beberapa bidang seperti pengetahuan pemahaman dan perubahan-perubahan sikap yang tentunya mengarah pada hal positif atau yang lebih baik. Begitu pula pada tingkat penguasaan materi pelajaran, setiap pendidik pasti menginginkan siswanya untuk mampu menguasai materi dengan baik agar saat evaluasi dilaksanakan, siswa dengan mudah melaluinya. Akan tetapi, fakta dilingkungan berbeda. Masih terdapat beberapa siswa yang menemui kesulitan saat evaluasi, bahkan tidak menutup kemungkinan siswa tersebut gagal mencapai nilai standar evaluasi yang telah ditentukan. Untuk mengatasi problem tersebut dilaksanakan tes remedial, karena diharapkan dengan adanya tes ulang remedial, siswa tergerak untuk mempelajari kembali materi-materi yang belum tuntas sampai menguasai materi tersebut. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil tes remedial siswa dan tingkat penguasaan materi pendidikan agama Islam siswa serta untuk mengetahui pengaruh tes remedial terhadap penguasaan mata pelajaran pendidikan agama Islam bagi siswa di sekolah tersebut.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI sekolah tersebut yang berjumlah 440 siswa kemudian peneliti mengambil sampel sebanyak 82 siswa dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik penelitian lapangan menggunakan angket, dokumentasi, wawancara dan observasi. Kemudian data angket dan nilai hasil tes remedial diolah menggunakan uji Product Moment dan didukung dengan program SPSS 21.
Hasil perhitungan menyatakan untuk korelasi atau pengaruh tes remedial terhadap penguasaan materi pendidikan agama Islam menunjukkan korelasi cukup kuat 0.423. Kemudian diuji untuk taraf signifikansi pada df = 0.05 diperoleh hasil > dari atau 4.175 > 1.671. Maka Ha (Hipotesis alternatif) diterima dan Ho (Hipotesis nol) ditolak. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara tes remedial terhadap penguasaan materi pendidikan agama Islam siswa SMA Negeri 7 Samarinda.