Show simple item record

dc.contributor.authorHikman, Hikman
dc.date.accessioned2023-11-23T02:07:54Z
dc.date.available2023-11-23T02:07:54Z
dc.date.issued2023-09-18
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3659
dc.description.abstractABSTRAK Hikman, 2023. “Pengaruh Penggunaan Media Focusky Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Kelas VIII MTs Al-Wa’id Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UINSI Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Muchammad Eka Mahmud, M.Ag dan Dr. Hj. Titi Kadi, M.Pd.I. Penelitian ini dilakukan atas dasar tuntutan bagi seorang guru yaitu peka dan berinovasi sesuai dengan perkembangan teknologi, salah satu bentuknya yaitu penggunaan media pembelajaran berbasis digital. Media pembelajaran digital yang bisa digunakan guru dalam pembelajaran yaitu media pembelajaran Focusky. Menurut slameto, motivasi siswa bisa tumbuh melalui penggunaan media pembelajaran. Menurut pengkauan guru mata pelajaran pelajaran Al-Qur’an Hadist bahwa dalam proses pelajaran, siswa kurangnya motivasi, selain itu Pada sekolah MTs Al-waid Samarinda, peserta didik tidak diperbolehkan membawa hp di lingkungan sekolah. Untuk itu dalam meningkatkan kepekaan teknologi dan motivasi siswa, guru sekolah MTs Al-Wa’id Samarinda telah menggunakan media pembelajaran Focusky. Berdasarkan masalah tersebut maka rumusan pada penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh media Focusky terhadap motivasi belajar siswa di MTs Al-Wa’id Samarinda, Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media Focusky terhadap motivasi belajar siswa di MTs Al-Wa’id Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 85 siswa dengan teknik purposive sampling maka sample dalam penelitian ini sebanyak 35 sample. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket kuisioner dan dokumentasi. Dalam pengujian instrumen digunakan rumus korelasi product moment dalam pengujian validitas, dan cronbach alpha dalam pengujian reliabilitas. Sedangkan dalam analisis datanya digunakan uji regresi liniear sederhana dan determinan, sedangkan dalam menguji hipotesis maka digunakan uji t (t-test). Adapun dari hasil penelitian yang dilakukan didapati hasil dari uji regresi sederhana yaitu sebesar 0,001 yang artinya terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Kemudian untuk mencari besaran pengaruh tersebut uji determinasi yang digunakan mendapati hasil r square sebesar 0,267 maknanya pengaruh dari media pembelajaran Focusky terhadap motivasi belajar siswa sebesar 26,7%, dalam menarik keputusan atas hipotesis maka digunakan rumus t-test dengan hasil nilai ttabel sebesar 1,692 dan nilai thitung sebesar 3,464 artinya nilai thitung lebih besar dari pada nilai ttabel maka kesimpulan yang bisa ditarik adalah Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh penggunaan media Focusky terhadap motivasi belajar siswa di MTs Al-Wa’id Samarinda.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMedia Focusky, Motivasi Belajaren_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Media Focusky Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Kelas VIII MTs Al-Wa’id Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record