Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Fikih pada Siswa di MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda2023
Abstract
ABSTRAK
Reza Al Hafied, 2023. “Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Fikih pada Siswa di MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Marniati Kadir M.Pd dan Hajriana M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh gaya belajar yang memiliki peran penting dalam proses pembelajaran dimana akan menghasilkan hasil pembelajaran. Setiap peserta didik memiliki gaya belajar berbeda, sehingga karakter dan daya serap mereka juga berbeda juga untuk memahami gurunya dalam memberikan materi. Di MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda guru fikih mengajarkan dengan monoton tanpa ada perangsang lain agar peserta didik tertarik dan lebih mudah memahami suatu materi pembelajaran. peserta didik menggunakan berbagai macam gaya belajar sesuai dengan kemampuannya dalam memahami suatu materi pembelajaran, jika guru hanya memberikan pembelajaran dengan monoton siswa akan sulit memahami dan menyerap materi yang telah guru tersebut jelaskan yang mengakibatkan kurang optimalnya hasil belajar peserta didik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis gaya belajar siswa, hasil belajar siswa dan mengetahui apakah ada hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto correlational. Populasi sekaligus Sampel pada peneliitian ini yaitu peserta didik kelas VIII MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Keabsahan data menggungakan uji validitas dan realibilitas. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dan korelasi product moment.
Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: ada 3 jenis gaya belajar pada terdapat adanya hubungan antara gaya belajar siswa dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih bagi siswa kelas VIII di MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil uji hipotesis didapatkan hasil bahwa nilai signifikansi 0,001 < 0,05, yang artinya artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Kemudian dengan melalui hasil uji korelasi product moment yaitu sebesar 0,982. Sesuai dengan tabel interval koefisien yaitu bila interval koefisien 0,80 – 1,000 berarti tingkat hubungan variabel independent dan dependent sangat kuat.