dc.description.abstract | ABSTRAK
Rika Yanti, 2023. “Survei Efektivitas Model Pembelajaran Reading, Questioning and Answering (RQA) Dalam Mata Kuliah Pengembangan Sistem Evaluasi PAI Pada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) UINSI Samarinda” Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. M. Said Husin, MA selaku Pembimbing I dan Ibu Siti Maulidah, M.Pd selaku pembimbing II.
Model pembelajaran Reading, Questioning and Answering (RQA) bertujuan untuk membantu peserta didik dalam memahami materi pelajaran dengan lebih baik melalui membaca, memahami, dan membuat pertanyaan serta menjawabnya. Model ini memiliki potensi untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan kemampuan memecahkan masalah. Keterampilan membaca sangat penting, terutama bagi mahasiswa. Proses belajar memiliki banyak sekali hambatan seperti sulitnya memahami pelajaran dan kurangnya motivasi belajar sehingga mahasiswa tidak mau membaca materi pelajaran menjadi faktor-faktor penyebab lambatnya transfer pengetahuan. Mengatasi masalah tersebut, tentunya memiliki banyak cara salah satunya yakni dengan penggunaan model pembelajaran seperti model RQA. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti survey efektivitas model pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) dalam mata kuliah Pengembangan Sistem Evaluasi PAI pada mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) UINSI Samarinda.
Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif jenis survei. Populasi terdiri dari seluruh mahasiswa PAI angkatan 2020 dan sampel pada penelitian ini yaitu 80 mahasiswa yang terdiri dari PAI 2 dan PAI 3. Teknik pengumpulan data menggunakan aobservasi, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian dari survei efektivitas model pembelajaran reading questioning and answering (RQA) dalam mata kuliah pengembangan system evaluasi PAI yaitu baik Sebesar 88% mahasiswa dapat memahami tujuan pembelajaran, sebesar 90% mahasiswa menguasi materi pembelajaran, sebesar 76% mahasiswa mendapatkan feedback maksimal pada perkuliahan, sebesar 66% mahasiswa lebih tertarik mengikuti perkuliahan, sebesar 72% pemahaman mahasiswa dalam mata kuliah dengan menggunakan model RQA, 56% mahasiswa membaca materi pembelajaran sebelum perkuliahan dimulai, sebesar 59% mahasiswa lebih aktif dalam proses perkuliahan, sebesar 68% kemampuan mahasiswa dalam berpikir kritis dan aktif dalam diskusi kelas, sebesar 80% berdampak positif dalam penerapan model RQA, sebesar 66% keefektifan dan inovatif dalam model RQA, dan 69% motivasi mahasiswa selama proses pembelajaran. | en_US |