Show simple item record

dc.contributor.authorMasnawati, Masnawati
dc.date.accessioned2020-04-18T06:12:15Z
dc.date.available2020-04-18T06:12:15Z
dc.date.issued2017-09-11
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/367
dc.description.abstractABSTRAK Masnawati 2017. “Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Metode Al-Bayan Di Taman Kanak-Kanak (TK) Alifia Samarinda tahun pembelajaran 2016/2017”.Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururan Institut Agama Islam Negeri(IAIN)Samarinda.Penelitian ini dibimbing oleh Dr.Zamroni, M.Pd dan Imroatul Musfiroh, M.Pd.I Penelitian tindakan kelas di latarbelakangi dengan melihat kondisi perkembangan membaca Huruf Hijaiyah di TK Alifia. Khususnya pada pembelajaran huruf-huruf Hijaiyah, anak-anak masih banyak yang belum mengenal huruf dengan benar. Untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak usia dini. Rata-rata anak masih kesulitan dalam mengenal konsep huruf Hijaiyah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah kemampuan membaca huruf Hijaiyah pada siswa kelompok B dapat meningkat, melalui metode Al-Bayan di TK Alifia Samarinda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur penelitian yang digunakan adalah perencanaan,tindakan, observasi, refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 anak di kelompok B dan objek penelitiannya adalah kemampuan membaca huruf Hijaiyah melalui metode Al-Bayan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan membaca huruf Hijaiyah anak di kelompok B TK Alifia dapat meningkat melalui metode Al-Bayan dengan media buku bergambar. Hal ini dibuktikan dari hasil yang positif pada setiap siklusnya, tindakan Siklus I membaca huruf Hijaiyah 90%, menghubungkan Huruf Hijaiyah dengan gambar 75 %, membedakan bentuk huruf Hijaiyah 90%. Dan Siklus II membaca Huruf Hijaiyah 95%, menghubungkan Huruf Hijaiyah dengan gambar 85%, membedakan bentuk huruf Hijaiyah 90%. Berdasarkan hasil penelitian meningkatkan kemampuan huruf hijaiyah anak melalui metode Al-Bayan di TK Alifia Samarinda, dapat disimpulkan bahwa kegiatan mengenal huruf Hijaiyah yang digunakan sudah tepat dengan metode Al-Bayan dan kegiatan pembelajaran setiap siklusnya mengalami peningkatan yang positif dan mencapai kriteria sangat tinggi.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectKemampuan Membaca, Huruf Hijaiyah, Metode Al-Bayanen_US
dc.titlePeningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Metode Al-Bayan Di Taman Kanak-Kanak (TK) Alifia Samarinda tahun pembelajaran 2016/2017en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record