dc.description.abstract | ABSTRAK
Akhni, 2023. “Pengaruh Kreativitas Guru terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran Fikih di MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Peneliti ini dibimbing oleh Ibu Dr. H. Robingatin, M.Ag selaku pembimbing I dan Bapak Saipul Hadi, M.Pd.I selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat belajat siswa yang dipandang dapat memberikan semangat siswa dalam belajar di dalam kelas, dapat membuat siswa menjadi termotivasi bahkan dapat membuat siswa menjadi senang dalam belajar, namun, realita di lapangan membuktikan bahwa banyak siswa yang jenuh dalam belajar, siswa tidak semangat dan siswa tidak termotivasi dalam belajar. Hal ini perlu adanya kreativitas guru yang dapat memberikan semangat siswa belajar di dalam kelas serta dapat menarik perhatian siswa dalam belajar. Guru di MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda menunjukkan kreativitas tinggi dalam menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana kreativitas guru tersebut mempengaruhi minat belajar siswa terhadap mata pelajaran fikih di sekolah tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi yang diambil pada penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda yang berjumlah 35 siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menerapkan teknik sampling jenuh dengan memilih seluruh populasi sebagai sampel penelitian. Selain itu, data dikumpulkan melalui penggunaan angket/kuesioner, observasi, dan dokumentasi yang telah terbukti validitas dan reliabilitasnya. Data tersebut telah memenuhi syarat normalitas, linearitas, homogenitas. Data dianalisis menggunakan uji hipotesis berupa uji korelasi product moment, uji determinasi dan uji t.
Hasil penelitian ini diperoleh nilai korelasi (r) sebesar 0,625 angka tersebut berada pada interval 0,60 - 0,799 yaitu menunjukkan “kuat” dengan nilai kontribusi hubungan sebesar 62%. Dapat diketahui diperoleh nilai t ℎ𝑖𝑢𝑛𝑔 4,596 > nilai t 𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 1,692. Kemudian diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H𝑎 diterima, artinya terdapat pengaruh antara variabel X (kreativitas guru) terhadap variabel Y (minat belajar). | en_US |