Pengaruh Belajar Kelompok Terhadap Keaktifan Belajar PAI Siswa SMPN 2 Tabang
Abstract
ABSTRAK
Ema Fatmawati 2023, “Pengaruh Belajar Kelompok Terhadap Keaktifan Belajar PAI Siswa SMPN 2 Tabang”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Pelaksanaan penelitian ini di bawah bimbingan Ibu Dra. Etty Nurbayani M.Pd dan Ibu Yunita Noor Azizah M.Pd.I
Tempat penelitian dilakukan di SMPN 2 Tabang beralamat di jalan Ubang Asung, RT.1 Tukung Ritan. Dari fakta empiris bahwa sebagian siswa di sekolah tersebut kurang aktif dan kurang minat dalam belajar. Terbukti bahwa siswa-siswa enggan untuk menyelesaikan pendidikan sampai lulus, banyak ditemui siswa-siswa tersebut putus sekolah di tengah jalan. Peneliti menemukan fakta bahwa para siswa memiliki tingkat keaktifan yang berbeda-beda, beberapa siswa tidak aktif dalam menjawab pertanyaan guru, ada juga yang tidak mengerjakan tugas dan kadang ada yang telat masuk ke dalam kelas belajar. Dalam masalah yang ditemukan ini terlihat siswa-siswa kurang semangat dan kurang motivasi dalam belajar, sehingga berdampak pada keaktifan belajar mereka. Guru PAI menyebutkan bahwa dari berbagai metode yang di terapkan selama mengajar, kebanyakan siswa terlihat aktif ketika menggunakan metode belajar kelompok. Siswa terlihat sangat menyukai belajar secara berkelompok karena mereka bias saling membantu. Dari sini guru melihat bagaimana keaktifan siswa dan partisipasi mereka dalam berkerjasama dalam belajar. Hal inilah yang membuat peneliti merasa tertarik untuk mengangkat permasalahan tentang keaktifan. Setiap siswa perlu menyadari pentingnya keaktifan belajar untuk menunjangkeberhasilan dalam belajar.
Penelitian ini berjenis kuantitatif deskriptif dengan teknik penyebaran angket diambil dari seluruh populasi siswa secara keseluruhan yang beragama islam kelas 7,8,9 yang berjumlah 52 responden. Menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan kuesioner (angket), dan rumus regresi linier sederhana sebagai teknik untuk menganalisis data. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh belajar kelompok terhadap keaktifan belajar PAI Siswa SMPN 2 Tabang.
Diperoleh hasil penelitian dari persamaan regresi sebesar Ŷ= 59,576+(-0,130)X, uji hipotesis dengan uji t menghasilkan nilai sig 0,415>0,05, dannilai thitung -0,823< ttabel 2,008, maka dapat disimpulkan bahwa belajar kelompok tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keaktifan belajar PAI Siswa SMPN2Tabang.