Show simple item record

dc.contributor.authorWati, Mirna
dc.date.accessioned2020-04-18T06:20:54Z
dc.date.available2020-04-18T06:20:54Z
dc.date.issued2017-09-12
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/370
dc.description.abstractABSTRAK Mirna Wati, 2017. “Hubungan antara Gerakan Literasi Sekolah dengan Kemampuan Membaca Alqur’an Peserta Didik Di SMA Negeri 7 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. H. Yahya, M.Pd Selaku Pembimbing 1 dan Ibu Siti Nasiah, M. Pd Selaku Pembimbing 2. Latar Belakang Skripsi ini disusun mengacu kepada permasalahan yang terdapat pada kemampuan membaca Alqur’an perserta didik di SMA Negeri 7 Samarinda. Permasalahan tersebut dilibatkan dengan kegiatan yang dilaksanakan di sekolah tersebut yaitu gerakan literasi sekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara gerakan literasi sekolah dengan kemampuan membaca Alqur’an peserta didik di Sekolah tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan deksriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di sekolah tersebut sebanyak 790 dan peneliti mengambil sampel sebanyak 35 peserta didik di kelas XI IPS 3 dengan cara teknik Probability Sampling dengan tipe Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Kuisioner dan tes lisan serta dokumentasi. Kemudian data telah diperoleh dihitung menggunakan rumus Product Moment Dari hasil perhitungan yang dilakukan secara manual dan diperkuat dengan program SPSS, hasil yang diperoleh rxy sebesar 0,672 yang berada pada interpretasi 0,60-0,799 yang berarti antara variabel X (gerakan literasi sekolah) dengan variabel Y (Kemampuan membaca Alqur’an Peserta didik) terdapat hubungan yang searah atau terdapat hubungan yang kuat atau tinggi. Kemudian nilai signifikan diperoleh thitung 4,972 ≥ ttabel 1.697, Sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara gerakan literasi sekolah dengan kemampuan membaca Alqur’an peserta didik di SMA Negeri 7 Samarinda. Adapun nilai kontribusi koefisiensi determinan atau besar sumbangan dari gerakan literasi sebesar 45% dalam mempengaruhi kemampuan membaca Al Qur’an peserta didik di SMA Negeri 7 Samarinda.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectGerakan Literasi, Kemampuan, Membaca Alqur’anen_US
dc.titleHubungan antara Gerakan Literasi Sekolah dengan Kemampuan Membaca Alqur’an Peserta Didik Di SMA Negeri 7 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record