dc.description.abstract | ABSTRAK
Lasaroni Gafanesti Naru, 2017. “Implementasi Pendidikan Akhlak di Sekolah Menegah Pertama Negeri (SMPN) 21 Samarinda”. Merupakan Karya Tulis Ilmiah yang ditulis di bawah bimbingan Ibu Dr. Fathul Janah, M.SI sebagai pembimbing I dan Ibu Siti Julaiha, S.Ag.,M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah maraknya dekadensi moral yang terjadi di kalangan pelajar dan merosotnya akhlak peserta didik yang terjadi di zaman sekarang. Namun demikian terdapat satu sekolah, yaitu SMPN 21 Samarinda yang begitu menekankan pendidikan akhlak keberbagai aspek dalam kehidupan sehari-hari disekolah maupun dirumah. Hal ini tidak terlepas dari dari Implementasi pendidikan akhlak yang dilakukan pihak sekolah dalam mengajarkan peserta didiknya agar memiliki akhlak yang baik dan berilmu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi pendidikan akhlak di SMPN 21 Samarinda dalam pembinaan akhlak peserta didiknya.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa SMPN 21 Samarinda menanamkan dan menekankan implementasi pendidikan akhlak dalam beberapa hal, diantaranya Implementasi pendidikan akhlak terhadap Tuhan, Implementasi akhlak terhadap sosial, Implementasi Pendidikan terhadap lingkungan implementasi pendidikan akhlak terhadap guru dan Implementasi akhlak terhadap Ruangan. Dalam pengimplementasia akhlak di SMPN 21 Samarinda di topang oleh adanya metode dalam implementasi pendidikan akhlak, dan adanya pantauan kegiatan rumah. | en_US |