Show simple item record

dc.contributor.authorAhmad, Hizbi Muttahid
dc.date.accessioned2020-04-18T06:27:20Z
dc.date.available2020-04-18T06:27:20Z
dc.date.issued2017-09-06
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/372
dc.description.abstractABSTRAK 6 SP Hizbi Muttahid Ahmad, 2017. Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Etty Nurbayani, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Muhammad Iwan Abdi, M.SI selaku pembimbing II. Penelitian ini dilakukan karena ketertarikan peneliti terhadap SMA Negeri 5 Samarinda yang mengarah kepada guru Pendidikan Agama Islam dalam mengimplementasikan Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam proses pembelajaran PAI berdasarkan implementasi dan permasalahan pembelajaran PAIyang mana dalam proses pembelajaran PAI dilaksanakan secara aktif kepada siswa dikarenakan penggunaan startegi yang di implementasikan saat jam pelajaran Pendidikan Agama Islam Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field work research) dan jenis penelitiannya adalah kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah seluruh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang berjumlah empat guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakanmelaluitahapanData reduction (reduksi data), Data Display (penyajian data), Conclusion Drawing/Verification (verifikasi/pengambilankesimpulan). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran inkuiri dalam pengimplementasiannya oleh guru pendidikan agama Islam telah dilaksanakan sejalan dengan adanya perkembangan perubahan kurikulum yang awalnya KTSP menjadi Kurikulum 2013 pemahaman guru terhadap strategi belajar didapat dari adanya pelatihan guru yang dilaksanakan oleh kepala sekolah di ruang MGMP sehingga dalam pendapat guru PAI tentang strategi pembelajaran inkuiri merupakan strategi pembelajaran yang lebih menuntun kepada siswa untuk belajar secara aktif dan mandiri dalam belajar sehingga dari keaktifan dan kemandirian tersebut akan menciptakan pengalaman baru bagi siswa dalam mendapatkan informasi-informasi baru terkait materi pembelajaran yang dibahas, adapun metode yang dikembangkan dalam strategi pembelajaran inkuiri adalah metode diskusi. Sedangkan Dampak dari implementasi strategi pembelajaran inkuiri terhadap pembelajaran PAI menjadikan siswa lebih aktif dan mandiri, siswa tidak jenuh dalam belajar. Masalah yang dihadapi dan yang dilakukan oleh guru pai yang siswa kurang dapat memfilter penemuan-penemuannya dan yang guru lakukan adalah menjelasakan kembali di akhir jam pembelajaran.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectInkuiri, Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islamen_US
dc.titleStrategi Pembelajaran Inkuiri Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record