dc.description.abstract | ABSTRAK
Nur Rahmah, 2023. “Internalisasi Pendidikan Akhlak Melalui Pembelajaran Kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abna’ di Pesantren Darul Ihsan Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UINSI Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Akhmad Muadin, M.Pd dan Dr. Muhammad Sali, S. Sos.I.,M.Pd
Pembelajaran kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abna’ merupakan kegiatan pembelajaran di Pesantren Darul Ihsan yang mana masih ada pelanggaran yang dilakukan oleh santri diantaranya kurang sopan dan santun kepada guru atau sesama teman, sementara itu setelah adanya kegiatan pembelajaran Washoya AlAbaa’ Lil Abna’, bertujuan untuk bisa membentuk akhlak santri serta menjadikan santri memiliki akhlak yang baik seperti hormat kepada guru teman, taat dalam melaksanakan shalat berjamaah, dan menjaga hubungan baik sesama teman. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana internalisasi pembelajaran kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abna’ di Pesantren Darul Ihsan Samarinda. 2) Faktor pendukung dan penghambat dari internalisasi pembelajaran kitab Washoya AlAbaa’ Lil Abna’ di Pesantren Darul Ihsan Samarinda. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana internalisasi pembelajaran kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abna’ di Pesantren Darul Ihsan Samarinda. 2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dari internalisasi pembelajaran kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abna’ di Pesantren Darul Ihsan Samarinda.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Menggunakan pengumpulan data dengan teknik obervasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan ialah koleksi data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun kesimpulan yang diperoleh yaitu: 1) tahapan internalisasi transformasi nilai atau cara penyampaian ustadz Ahmad Juhdi ialah menggunakan cara atau metode wetonan yakni membacakan isi kitab kemudian menterjemahkan isi kitab kedalam bahasa Indonesia lalu diberikan penjelaskan terkait isi kitab yang disampaikan salah satunya bab takwa selalu mendekatkan diri kepada Allah Swt, tahap transaksi nilai atau penerapan para santri yakni pada bab yang sudah disampaikan mengenai bab tentang takwa mendekatakan diri kepada Allah Swt, senantiasa menjelankan shalat berjamaah di sekolah salah satu nya shalat dhuha berjamaah, tahap trans-internalisasi atau mereka paham dengan apa-apa yang sudah disampaikan ustadz tidak perlu diperintah lagi. Faktor pendukung yakni ada kitab, tempat yang nyaman, kipas angin, serta dilengkapi dengan sound speaker. Faktor penghambat santri masih ada yang terlambat datang ke madrasah, masih ada santri yang tertinggal memaknai isi kitab atau menterjemahkan isi kitab. | en_US |