Show simple item record

dc.contributor.authorIsmail, Ismail
dc.date.accessioned2020-04-18T12:53:53Z
dc.date.available2020-04-18T12:53:53Z
dc.date.issued2017-09-13
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/377
dc.description.abstractABSTRAK Ismail. 2017. Strategi Pengembangan Nilai Ke-Islaman Bagi Siswa SMPIT Cordova Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Noorthaibah, M.Ag, dan Bapak Dr. Suratman, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi pengetahuan tentang strategi yang dikembangkan SMPIT Cordova Samarinda dalam mengembangkan nilai ke-Islaman bagi siswanya. Melihat fenomena yang saat ini cukup popular di kalangan remaja atau adanya dekadensi moral maka perlu adanya strategi yang efektif untuk mengantisipasi fenomena itu. Oleh karena itu, sekolah menanamkan nilai-nilai ke-Islaman bagi siswanya. Hal itu dilakukan hanya karena dengan menanamkan nilai-nilai ke-Islaman itulah menjadikan siswa berakhlakul karimah dan tidak terpengaruh oleh fenomena yang sedang merebak itu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dikembangkan sekolah dalam mengembangkan nilai ke-Islaman bagi siswanya. Metode penelitian yang dipakai pada penelitian ini adalah kualitatif, mengambil sumber data dari Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Waka Kurikulum dan Guru Bidang Studi PAI. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yakni reduksi data, pengajian data dan penyimpulan serta verifikasi. Hasil dari penelitian adalah sekolah melakukan berbagai macam strategi dalam mengembangkan nilai-nilai ke-Islaman bagi siswanya. Beberapa macam strateginya adalah dengan adanya penerapan, shaum sunnah, jam pembiasaan (Pemantaun aktivitas anak pada jam istirahat), membaca zikir al-ma-tsurat, mentoring, sholat dhuha, sholat zuhur dan ashar, sholat sunnah rawatib, mabit (malam bina iman dan takwa), dan melalui tulisan-tulisan. Orang yang berperan dalam mengembangkan strategi ini adalah setiap warga sekolah dari semua guru bidang studi non agama sampai yang umum, penjaga kantin, satpam dan petugas kebersihanpun berperan dalam tugas ini dan tentunya sekolah juga menjalin komunikasi yang baik dengan para orang tua siswa agar penerapan nilai ini tidak hanya berlaku di dalam sekolah saja tetapi juga saat dimanapun siswanya berada sehingga nilai ini tertanam dalam jiwa anak.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectStrategi, Pengembangan, Nilai Ke-Islamanen_US
dc.titleStrategi Pengembangan Nilai Ke-Islaman Bagi Siswa SMPIT Cordova Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record