dc.description.abstract | Peran supervisorpendidikan telah berkembang menjadi lebih proaktif, inovatif, dan tangkas dalam menanggapi kebutuhan dan tuntutan pendidikan modern. Pada abad ke-21, supervisor menghadapi tantangan yang kompleks, termasuk perubahan teknologi yang cepat, kurikulum yang dinamis, inklusivitas dan keberagaman, peningkatan sumber daya manusia, evaluasi holistik, dan perubahan peran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran transformasi supervisor dan tantangan apa saja yang melingkupi supervisi pendidikan di abad 21. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mengatasi tantangan abad 21, babak baru peran supervisor yang bertransformasi untuk mengadopsi strategi inovatif seperti mengintegrasikan teknologi dalam supervisi, pengembangan kurikulum adaptif, pelatihan dan dukungan berkelanjutan bagi guru, pendekatan kolaboratif, dan keseimbangan antara pendekatan teknologi dan humanis. Penggunaan supervisi berbasis virtual, pendekatan kolaboratif dalam mengembangkan strategi pembelajaran, dan penerapan metode evaluasi yang inovatif merupakan beberapa strategi yang dapat diterapkan oleh supervisor. Selain itu, supervisor harus kompeten dan terampil dalam membaca tanda-tanda kemajuan dari waktu ke waktu dan berperan aktif dalam penciptaan kurikulum yang mudahberadaptasi dan dapat merespons dengan cepat kebutuhan pendidikan yang terus berkembang. Secara keseluruhan, supervisor harus beradaptasi, mengupgrade kompetensi diri, dan mengadopsi pendekatan inovatif dalam proses supervisi untuk memastikan pendidikan relevan, inklusif, dan adaptif terhadap tuntutan zaman. | en_US |