dc.description.abstract | ABSTRAK
Andra Romadhan Jayusman, 2023. “Kesulitan dan Upaya Mengatasi Masalah Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Zurqoni, M. Ag, selaku pembimbing I dan Rumainur, M. Pd.I selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian adalah Banyaknya yang berfikir bahwasannya materi sejarah kebudayaan islam termasuk pelajaran yang sulit dan membosankan. Padahal kalau dilihat dari sisi kesulitan, pelajaran sejarah jauh di bawah Matematika, Sains Alam, Bahasa Arab atau Inggris atau pelajaran lainnya. Salah satu faktornya dikarenakan karakter sejarah itu sendiri yang selama ini dianggap sebagai ilmu yang membahas kejadian-kejadian masa lalu, yang tidak menarik minat para peserta didik. Secara keseluruhan banyak peserta didik yang tidak tertarik untuk belajar sejarah kebudayaan Islam karena peserta didik belum mengetahui bahwa sejarah itu sangat penting untuk dipelajari. Suasana proses pembelajaran sejarah kebudayaan Islam yang berlaku pada saat ini masih sangat membosankan bagi peserta didik dan menimbulkan suasana yang selalu monoton dan keheningan dalam sebuah proses pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti tentang bagaimana kesulitan dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam dan bagaiamana upaya dalam mengatasi kesulitan pembelajaran sejarah kebudayaan islam tersebut. Kemudian penelitian bertujuan mendekripsikan kesulitan dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam dan untuk mendeskripsikan upaya dalam mengatasi kesulitan pembelajaran sejarah kebudayaan islam di madrasah Aliyah negeri 1 samarinda.
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah di MAN 1 Samarinda. Subjek penelitian ini ialah guru sejarah kebudayaan islam dan juga siswa dan siswi MAN 1 Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Jenis kesulitan belajar yang dihadapi oleh para siswa dalam mengikuti mata pelajaran sejarah kebudayaan islam adalah materi sejarah kebudayaan islam yang terlalu banyak, kurangnya minat belajar siswa dan kurangnya konsentrasi belajar. Dan Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar adalah dengan pendekatan secara langsung, selingan humor dalam menyampaikan materi, menggunakan multimedia sekolah, metode pembelajaran yang bervariasi dan memberikan motivasi kepada peserta didik motivasi ini dilakukan melalui 2 cara yaitu secara langsung dan tak langsung, secara langsung motivasi di berikan saat megawali pembelajaran dan mengakhiri pembelajaran sedangkan motivasi tak langsung di berikan melalui gambar-gambar, kata-kata yang di temple didinding Masjid, perpustakaan, dinding ruang guru. | en_US |