Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI di SMK Plus Melati Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Hasan Basri. 2017. Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI di SMK Plus Melati Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj Fathul Janah M.SI sebagai Pembimbing 1 dan Ibu Siti Julaiha, S. Ag, M.Pd Sebagai Pembimbing 2.
Latar belakang penelitian ini adalah perkembangan teknologi dan komunikasi saat ini sudah merambah pada semua bidang, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan termasuk diantaranya metode pembelajaran berbasis e-learning yang bertujuan untuk membuat suasana belajar menjadi lebih menarik agar siswa mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan mudah terhadap materi pembelajaran dimana saja dan kapan saja. Oleh karena itu, SMK Plus Melati Samarinda menerapkan metode pembelajaran berbasis e-learning yang diterapkan untuk semua mata pelajaran yang ada di SMK Plus Melati. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah penggunaan pembelajaran berbasis elearning 2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam 3) Apakah ada pengaruh penggunaan pembelajaran berbasis e-learning terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan tujuan Penilitian ini adalah untuk menjelaskan penggunaan pembelajaran berbasis e-learning pada siswa serta untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan pembelajaran berbasis elearning terhadap hasil belajar siswa pada mata Pendidikan Agama Islam di SMK Plus Melati Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil objek penelitian di SMK Plus Melati Samarinda, tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil dari angket, dan dokumentasi ini kemudian dianalisis melalui tiga tahap yaitu tehnik analisis uji korelasi, uji koefisiensi determinasi dan uji t.
Kesimpulan nya adalah 1) Penggunaan pembelajaran e-learning yang digunakan oleh SMK Plus Melati Samarinda adalah distance learning yang menggunakan fasilitas internet yang diterapkan pada semua mata pelajaran. Distance learning merupakan suatu proses pembelajaran, dimana guru dan siswa tidak berada dalam satu ruangan kelas secara langsung pada waktu tertentu, artinya kegiatan proses belajar mengajar dilakukan dari jarak jauh atau tidak hanya dalam satu ruangan kelas. 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Plus Melati Samarinda mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan minimal) yaitu 84. 3) Pengaruh pembelajaran berbasis e-learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Plus Melati Samarinda adalah sangat lemah. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil perhitungan korelasi product moment r sebesar 0.032. Kemudian hasil dari perhitungan uji t diketahui hasil thitung sebesar 0,1724 dan taraf signifikan nya sebesar 5%, ttabel= 2,042 maka diperoleh hasil t hitung ≤ ttabel (0,1724 ≤ 2,042) sehingga dapat disimpulkan pengaruh pembelajaran berbasis e-learnig terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI adalah tidak signifikan.