dc.description.abstract | Peran kepala sekolah dalam kepemimpinan memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan kinerja guru di bawahnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk mengumpulkan data mengenai: (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja, (2) gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru, (3) gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan tanggung jawab, dan (4) kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan gaya kepemimpinan instruktif (telling) untuk meningkatkan kedisiplinan, gaya kepemimpinan konsultatif (selling) untuk meningkatkan motivasi kerja guru, dan gaya kepemimpinan delegatif (delegating) untuk meningkatkan tanggung jawab guru. Namun, kepala sekolah menghadapi kendala seperti penurunan kedisiplinan guru, kurangnya motivasi kinerja, dan rendahnya rasa tanggung jawab guru dalam pembelajaran | en_US |