Show simple item record

dc.contributor.authorPanji, Aji Luqman
dc.contributor.authorBahrani, Bahrani
dc.contributor.authorSudadi, Sudadi
dc.date.accessioned2023-12-19T13:30:24Z
dc.date.available2023-12-19T13:30:24Z
dc.date.issued2023-12-19
dc.identifier.issn2654-5497
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3805
dc.description.abstractSalah satu pungsi penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi supervisi yang secara akademik dilakukan oleh kepala sekolah dan dampaknya kemudian dirasakan terhadap perubahan kinerja guru pendidikan agama Islam di SDN 009 Penajam, serta faktor-faktor yang memengaruhi pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan metode studi lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini menunjukkan hasil bahwa supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah mencakup aspek perencanaan pembelajaran dengan memberikan bimbingan dalam merumuskan tujuan pembelajaran, pengawasan saat pelaksanaan pembelajaran dengan memberikan sebuah contoh dalam memulai dan menyajikan materi, serta pembimbingan dalam evaluasi pembelajaran dengan membantu penyusunan perangkat-perangkat penilaian. Beberapa faktor yang mempengaruhi kegiatan supervisi akademik mencakup dukungan dari guru yang menjadi objek dari supervisi, di mana seorang guru harus bekerjasama dan terbuka dalam pelaksanaan supervisi oleh pengawas menjadi faktor pendukung. Sebaliknya, faktor penghambat dalam pelaksanaan supervisi kepala sekolah adalah keterbatasan alokasi waktu untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah dasar.en_US
dc.publisherUniversitas Pahlawan Tuanku Tambusaien_US
dc.subjectSupervisi, Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Pendidikan Agama Islamen_US
dc.titleSupervisi Akademis oleh Kepala Sekolah terhadap Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 009 Penajam Kab. Penajam Paser Utaraen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record