Show simple item record

dc.contributor.authorNurkholifah, Siti
dc.date.accessioned2023-12-21T06:24:06Z
dc.date.available2023-12-21T06:24:06Z
dc.date.issued2023-11-24
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3823
dc.description.abstractABSTRAK Siti Nurkholifah, 2023.”Pengaruh Literasi Baca Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Memahami Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 15 Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr.Suratman, M.Pd dan Dr. Badrut Tamam, M.Pd.I Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya Literasi membaca AlQur‟an dalam memahami materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Namun, terdapat masalah pada peserta didik dalam memahami materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Salah satunya masih ada peserta didik yang belum dan kurang bisa dalam membaca Al-Qur‟an. Tentunya hal ini akan mempengaruhi kemampuan pemahaman Peserta didik dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengeksplorasi Pengaruh Literasi Baca Al-Qur‟an terhadap Kemampuan Memahami Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan metode yang digunakan adalah Survey Eksplanatory.Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 15 Samarinda. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 78 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Angket, tes, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya, teknik analisis dilakukan setelah melalui serangkaian uji prasyarat, termasuk uji normalitas dan uji linieritas. Setelah itu, dilakukan pengujian hipotesis menggunakan Uji Regresi Linier. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai signifikansi yang ditentukan yaitu 0,05. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Literasi baca Al-Qur‟an berpengaruh terhadap Kemampuan Memahami Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Berdasarkan hasil koefisien korelasi ditemukan pengaruh sebesar 47.2% dengan interpretasi yaitu cukup. Dengan demikian berdasarkan hasil analisis tersebut Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa Literasi baca AlQur‟an berpengaruh terhadap Kemampuan Memahami Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, dengan pengaruh yang cukup yaitu sebesar 47.2%en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectLiterasi Baca Al-Qur’anen_US
dc.titlePengaruh Literasi Baca Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Memahami Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 15 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record